Persiba Resmi Tunjuk Timo Scheunemann sebagai Pelatih

Persiba Balikpapan akhirnya resmi menunjuk Timo Scheunemann sebagai pelatih menggantikan Jaino Matos. Mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Wanita itu dikontrak selama satu musim untuk menangani tim Beruang Madu, Rabu (11/01/17).
Rabu, 11 Januari 2017 22:45 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Tengku Sufiyanto
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih anyar Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelatih anyar Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann.

Teka-teki siapa pelatih Persiba Balikpapan untuk menggantikan peran Jaino Matos akhirnya terjawab sudah. Sempat spekulasi yang beredar bahwa manajemen tim Beruang Madu menunjuk Oswaldo Lessa, namun hal itu terbantahkan dengan penunjukan secara resmi Timo Scheunemann sebagai pelatih Persiba.

Seperti diketahui, Persiba tidak memperpanjang kontrak Jaino Matos yang menangani tim Beruang Madu di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

“Hasil rapat yang kita putuskan, kita percayakan Timo menjadi pelatih kepala Persiba Balikpapan selama satu musim. Kita sudah kontak dia, tinggal tanda tangan kontrak saja,” kata Ketua Umum Persiba, Syahril HM Taher.

Menurutnya, keputusan Manajemen Persiba menunjuk pelatih asal Jerman itu untuk menukangi Beruang Madu di kasta kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia 2017, bukan tanpa alasan. Alasannya dikarenakan Timo dianggap sukses membina pemain muda.

“Dia punya Lisensi A UEFA. Dia bisa membina pemain-pemain muda, artinya melahirkan pemain-pemain muda dan itu sudah dia buktikan. Dia juga bisa bahasa Indonesia, itu juga salah satu alasannya,” ujarnya.
 


Pelatih anyar Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann.

Selain menunjuk Timo, Manajemen Persiba juga kembali memercayakan Bima Sakti dan Haryadi yang juga sempat beberapa musim menjadi asisten pelatih. Khususnya saat mendampingi Daniel Roekito saat masih menjadi Pelatih Persiba.

“Jadi Bima dan Haryadi yang mendampingi Timo, mereka jadi asisten. Kalau untuk pelatih kiper kita serahkan ke Timo untuk menunjuk. Kemudian mereka (Timo dan Bima) juga akan menjadi manajer dan asisten manajer tim,” katanya.

“Jadi Jumat mereka datang, malamnya kita langsung tanda tangan kontrak. Karena Bima saat ini masih berada di Pekanbaru. Ketika mereka sudah tanda tangan kontrak, langsung tangani tim,” tambahnya.

Syahril menambahkan, jajaran pelatih mendapat target minimal papan atas kasta kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia 2017 yang rencananya akan mulai digelar 26 Maret mendatang.

“Jadi targetnya itu minimal papan atas, karena kita juga akan melakukan evaluasi terhadap kinerja mereka,” tutupnya.