Tanggapan PSSI Soal Penambahan Kuota Peserta Piala Dunia 2026, Bagaimana Peluang Indonesia?

Kamis, 12 Januari 2017 23:04 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Induk Sepakbola Dunia, FIFA telah memutuskan soal penambahan kuota peserta Piala Dunia 2026. Peserta Piala Dunia 2026 akan bertambah sebanyak 16 negara.

Artinya, peserta Piala Dunia 2026 akan berjumlah 48 negara. Nantinya, 48 negara akan dibagi dalam 16 grup babak penyisihan. Tiap grup berisikan tiga tim.

PSSI turut memberikan komentar terkait regulasi terbaru FIFA untuk Piala Dunia 2026. Federasi Sepakbola Indonesia itu mendukung secara penuh penambahan kuota peserta Piala Dunia 2026 yang diberikan FIFA.
 


Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lalu.

"Misi utama dari FIFA adalah 'Develop the game, touch the world and make a better future'," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Joko Driyono dikutip dari Goal.

"Saya pikir usaha FIFA dan keputusan mereka untuk memperbanyak jumlah tim di Piala Dunia sejalan dengan inisiatif FIFA tersebut. Yang mana, mempromosikan olahraga ini menjadi yang nomor satu di dunia."

Penambahan kuota peserta membuat peluang Indonesia untuk berkiprah di Piala Dunia semakin terbuka lebar. Indonesia sendiri sedang mengintip peluang untuk tampil di ajang turnamen empat tahunan paling bergengsi sepakbola dunia tersebut.

Namun, PSSI belum memberikan komentar terkait peluang Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026 selepas FIFA memutuskan penambahan kuota peserta.

193