Gara-Gara Klub ISL, Regulasi Pembatasan Usia Wajib Diterapkan PSSI

Jumat, 13 Januari 2017 15:46 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Petrus Manus Da Yerimon/Herry Ibrahim/pssi
Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan bertarung di ajang Piala AFF U-19 di Hanoi, Vietnam. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/Herry Ibrahim/pssi
Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan bertarung di ajang Piala AFF U-19 di Hanoi, Vietnam.

Pada kongres tahunan di Bandung lalu, PSSI sempat memunculkan beberapa regulasi baru yang bakal diterapkan di kompetisi ISL dan Divisi Utama. Kedua kompetisi resmi PSSI itu rencananya akan mulai bergulir pada Maret mendatang.

Pengamat sepakbola nasional, Anton Sanjoyo, mengungkapkan jika rancangan regulasi pembatasan usia akan memberikan banyak efek positif bagi perkembangan pemain muda. Ke depannya, menurut Anton pemain muda akan menjadi tulang punggung bagi perkembangan Timnas Indonesia.

“Positifnya, problematika pembinaan sepakbola kita bisa terselesaikan. Selama ini pembinaan usia muda tidak pernah digarap secara serius. Ini langkah yang cukup mengejutkan dari PSSI tapi harus diambil untuk mengejar target prestasi,” ujar Anton saat dihubungi INDOSPORT.


Anton Sanjoyo mengungkap klub Indonesia sering sia-siakan pemain muda

“Namun, ada beberapa hal yang masih harus dievaluasi, seperti misalnya peraturan yang mewajibkan pemain di bawah 23 tahun harus dimainkan. Itu harus dijelaskan berapa menit mereka harus dipasang. Idealnya 45 menit minimal harus dipasang,” tambahnya.

Anton menganggap jika regulasi peraturan PSSI bukanlah langkah ideal yang bisa diambil. Namun, melihat perangai klub yang kurang memperhatikan pengembangan pemain muda, menjadi salah satu alasan kenapa regulasi tersebut menjadi penting untuk diaplikasikan.

“Di liga profesional ini memang belum umum diterapkan, tapi tidak dilarang untuk peraturannya. Mungkin harus lebih jelas, seperti lama bermain pemain yang berusia di bawah 23 tahun. Sebab, sepanjang sejarah ISL pelatih sama sekali kurang memberi perhatian untuk pemain muda,” tutupnya.


Kongres PSSI ungkap rancangan regulasi pembatasan usia.

Sebagai informasi, jika nantinya jadi diterapkan, rancangan peraturan tersebut akan membatasi penggunaan pemain berusia di atas 35 tahun menjadi dua orang. Klub-klub ISL juga harus memiliki lima orang pemain yang berusia di bawah 23 tahun dan harus dimainkan sebagai starter dalam pertandingan.


Timnas U-19 Indonesia

Sementara di divisi utama jauh lebih ketat lagi, klub-klub hanya boleh mengontrak lima pemain yang berusia di atas 25 tahun. Itu berarti, pemain-pemain yang merumput di klub ISL nantinya akan didominasi oleh pemain-pemain muda.

1K