In Depth Sports

Mengenang Graham Taylor: Eks Pelatih Timnas Inggris yang Sempat Disebut Si Pria Lobak

Jumat, 13 Januari 2017 15:33 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Sky Sports
Graham Taylor (1944-2017). Copyright: © Sky Sports
Graham Taylor (1944-2017).

Pria kelahiran Worksop, Nottinghamshire, pada 15 September 1944 ini dibesarkan di kota yang merupakan salah satu basis kota industri baja di Inggris. Taylor dibesarkan di lingkungan olahraga, sang ayah bekerja sebagai wartawan olahraga untuk media bernama Scunthorpe Evening Telegraph. 

Dari sang ayah ini, kecintaan Taylor pada sepakbola tumbuh sejak ia masih berusia muda. Taylor sempat bercerita ia benar-benar jatuh cinta pada sepakbola saat sang ayah mengajaknya menonton pertandingan salah satu klub lokal Inggris. 

Taylor pun memantapkan hati untuk berkarier di dunia si kulit bundar. Ia pun memulai karier sepakbolanya dengan bermain di klub Grimsby Town pada 1962 silam. 

Singkat cerita, nama Taylor kemudian sempat ditunjuk sebagai pelatih Timnas Inggris pada 1990 silam. Sebelum menjabat pelatih Timnas, ia berkarier cukup baik melatih Aston Villa. 

Graham Taylor pun dianggap sebagai salah satu pundit terbaik di sepakbola Inggris. Di luar sepakbola, Taylor disebut-sebut memiliki kedekatan personal dengan salah satu musisi Inggris, Elton John. 

"Ia seperti saudara bagi saya," kata Elton John seperti dilansir The Sun

Berikut INDOSPORT hadirkan sepenggal kisah dari sosok Graham Taylor, eks pelatih Timnas Inggris yang sempat dijuluki pria lobak oleh media: 

302