Mantan Pemain Klub China Bicara Soal Keuntungan Regulasi Pemain Asing di Indonesia

Selasa, 17 Januari 2017 16:30 WIB
Kontributor: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Menjelang kick off kompetisi ISL 2017 yang rencananya akan bergulir 26 Mei mendatang, PSSI menyosialisasikan rancangan regulasi baru terkait penggunaan pemain asing bagi klub peserta ISL.

Setiap klub rencananya hanya diperbolehkan memakai tiga pemain asing dengan rincian satu pemain Asia dan dua pemain dari luar Asia. Rancangan tersebut menuai pro dan kontra. 

Salah satu mantan pemain klub China, Jacksen F. Tiago yang pernah membela Guangzhou Matsunichi FC menilai bahwa kebijakan tersebut akan menguntungkan pesepakbola muda Tanah Air.


Jacksen F Tiago Sebut Regulasi Pemain Asing Untungkan Bakat Muda Indonesia.

"Itu baik buat perkembangan sepakbola Indonesia di masa yang akan datang. Regulasi baru kelihatan lebih fokus ke pembinaan sehingga menguntungkan kemajuan anak-anak muda Indonesia," ujar Jacksen yang kini berkarier sebagai pelatih di klub Barito Putera.

Jacksen menyatakan bahwa penggunaan tiga pemain asing sebenarnya sudah lama dipakai, bahkan sejak ia baru tiba di Indonesia dan membela Persebaya Surabaya tahun 1999-2000. Hanya saja ada sedikit perbedaan mengenai regulasi kuota negara asal pemain.

"Dulu saat pertama kali saya datang ke Indonesia jatah pemain asing juga tiga orang. Tetapi waktu itu tidak ada keharusan satu dari Asia,” jelas pelatih yang sukses menyumbangkan tiga gelar juara ISL bagi Persipura Jayapura tersebut.

Jacksen sendiri akan memulai kembali kiprahnya di Liga Indonesia bersama Barito Putera, setelah musim lalu membesut klub Malaysia, Penang FA. Pelatih kelahiran Brasil tersebut akan memimpin langsung latihan perdana Barito Putera pada sore nanti di lapangan Rindam mulai pukul 16:15 WITA.

597