Liga Primer Inggris

Inilah Pencapaian Terbesar Van Gaal Selama Jadi Pelatih

Rabu, 18 Januari 2017 06:36 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Gema Trisna Yudha
© Graham Chadwick/Daily Mail
 Copyright: © Graham Chadwick/Daily Mail

Mantan pelatih Manchester United, Louis Van Gaal baru saja mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih sepakbola. selama menjadi pelatih, pria asal Belanda ini telah meraih berbagai penghargaan dan trofi bergengsi untuk tim yang ia latih.

Namun, dari banyaknya piala yang mampu ia persembahkan bagi timnya, terdapat satu pencapaian yang diangapnya menjadi yang terbesar selama karier kepelatihannya. Adalah raihan trofi piala FA bersama Manchester United yang dianggapnya sebagai pencapaian terbesar dalam kariernya. 

Van Gaal menyebutkan, memenangkan Piala FA dengan Manchester United adalah prestasi manajerial terbesar karena tekanan yang "tidak manusiawi" yang diberikan oleh media Ingris kepada dirinya ketika itu.

"Memenangkan Piala FA bersama Manchester United merupakan pencapaian terbesar saya selama menjadi pelatih," ujar Pria berusia 65 tahun tersebut kepada De Telegraaf.


Van Gaal mendapat tekanan berat dari media Inggris.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya menghabiskan enam bulan terakhir dengan penuh tekanan dari media Inggris yang membuatnya merasa gerah dan stress. "Tekanan itu tidak manusiawi  dan saya harus tetap setia pada filosofi dan terus memotivasi pemain. Ketika Anda bisa memenangkan trofi Piala FA dengan tekanan berat semacam itu, maka Anda akan sangat bangga," ujarnya.

Van Gaal menambahkan, pada laga tersebut mereka harus bermain dengan sepuluh orang pemain pada perpanjangan waktu yang tentunya membuat Manchester United kala itu melakoni permainan yang sangat berat sehingga trofi tersebut sangatlah penting.

Van Gaal sendiri telah melatih sejumlah klub besar Eropa selama 26 tahun. Sejak 1991 hingga 1997, ia melatih Ajax Amsterdam dan berhasil meraih juara Piala UEFA dan Liga Champions bersama Ajax. Sejak itu, ia pernah menangani Barcelona, Timnas Belanda, AZ Alkmaar, Bayern Munchen, dan akhirnya berlabuh di Manchester United hingga musim lalu.

811