On This Day

On This Day: Ivan Zamorano, dari Penjagal Karier Pellegrini hingga Selamat dari Kecelakaan

Rabu, 18 Januari 2017 08:24 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Bam Bam! Bam Bam! Siapa yang tak kenal akan chant itu? Para penggemar sepakbola periode 90-an tentu familiar dengan nama pemain bola asal Amerika Latin yang kerap dikaitkan dengan julukan tersebut.

Yap, dia adalah Ivan Zamorano. Penyerang yang lahir di Ibu Kota Chile, setengah abad silam itu merupakan penyerang yang terkenal akan kerja keras serta gigih dalam mencetak gol pada zamannya.

Zamorano yang memulai karier profesionalnya dari klub Chile, Cobresal, 1984 lalu ini adalah legenda bagi dua klub Eropa yang pernah dibelanya. Tercatat, Real Madrid dan Inter Milan pernah ia berikan gelar dari kejuaraan bergengsi semacam Piala UEFA, La Liga, serta Copa del Rey.

Pada masanya, Zamorano dikenal sebagai penyerang yang menakutkan. Tak ayal, dirinya kerap dijuluki Ivan el Terrible, atau Ivan yang Mengerikan. Hal ini tak lepas dari kontribusi golnya sebagai penyerang bersama beberapa klub yang dibelanya.


Zamorano merayakan golnya saat melawan Barcelona.

Total dirinya genap mencetak 100 gol dari 260 laga, selama 19 tahun berkecimpung di dunia sepakbola. Puncak kariernya terjadi saat dirinya membela Real Madrid, 98 kali bermain untuk Los Blancos, total dirinya mampu mencetak 58 gol.

Sementara saat di Inter Milan, dirinya hanya mampu mencetak 31 gol dan 1 assist dari 130 laga yang telah dijalaninya bersama La Beneamata. Maklum, saat bergabung bersama Inter, Bam Bam telah memasuki umur 29 tahun, serta kalah saing dengan Diego Simeone yang saat itu masih berumur 26 tahun.

Memperingati hari lahirnya sang legenda Chile, INDOSPORT akan sajikan beberapa hal unik yang pernah dialami oleh Bam Bam, baik di atas maupun di luar lapangan. 

154