6 Klub yang Buat Marah Pendukungnya karena Mengganti Logo

Kamis, 19 Januari 2017 22:25 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Loyalitas kepada klub sulit untuk dijelaskan. Seringkali istilah tersebut tidak melulu mengenai pemain ke klub, melainkan juga tergambar dari bagaimana ketika warna dan simbol yang melambangkan identitas dirubah demi tujuan tertentu.

Bagi banyak klub, logo merepresentasikan harapan dan ambisi yang sejati. Ketika harapan dan ambisi 'direvisi', tentu hal ini bisa memunculkan polemik baru, terutama bagi suporter yang selalu memberikan support nyata kepada tim yang ia sayangi.

Dalam beberapa tahun belakangan, banyak klub yang melakukan makeover terhadap logonya. Embel-embel rebranding seakan menjadi senjata ampuh bagi pemilik klub yang berniat mengintervensi sedalam-sedalamnya.


Logo baru Juventus.

Terakhir tentu saja bagaimana Juventus menjadi olok-olok netizen karena mengganti logo klub. Desain super minimalis membuat fans kecewa dan menuai protes secara massive.

Beberapa memang menuai nasib baik. Chelsea misalnya, crest barunya pada tahun 2005 silam dipuji oleh fans karena dinilai bagus dan menciptakan kesan modern semenjak tim asal London Barat itu dibeli oleh Roman Abramovich.

Tidak sedikit pula yang kecewa dengan logo baru klub, dan berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 6 klub yang dimarahi oleh pendukungnya karena mengganti logo.

300