Bukan Pep Guardiola, Luis Enrique Ungkap Sosok Pelatih Terbaik Barcelona

Kamis, 19 Januari 2017 22:58 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Menjadi pelatih tim sekelas Barcelona tidak serta merta membuat Luis Enrique jemawa. Pria kebangsaan Spanyol ini masih mengakui ada nama pelatih yang jauh lebih hebat ketimbang dirinya yang sukses bersama Barcelona.

Dilansir dari Football Espana, ia sangat beruntung pernah menjadi bagian dari kesuksesan Barcelona versi Van Gaal. Tidak lupa ia juga memuji karakter kepelatihan Van Gaal yang menurutnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya ketika masih menjadi pemain.

"Saya cukup beruntung bisa bekerja sama dengannya dan saya memiliki penilaian yang sangat baik terhadap sikap personalnya karena kami memiliki hubungan yang cukup dekat," ujar pria yang juga pernah menjadi pemain Barcelona tersebut.


Louis Van Gaal yang pernah melatih Barcelona.

Enrique yang saat ini berkesempatan melatih Barcelona mencoba merefleksikan pengalaman yang ia dapatkan semasa menjadi anak asuh Van Gaal. Dia adalah salah satu pelatih terbaik yang kami miliki (Barcelona), saya belajar banyak darinya dan ia memiliki karakter yang kuat,"

Louis van Gaal sendiri sejatinya pernah melatih Barcelona pada tahun 1997 hingga tahun 2000, kemudian pada periode tahun 2002 hingga 2003. pada periode tersebut, Van Gaal juga pernah mengasuh beberapa nama pelatih hebat seperti Luis Enrique dan Joseph Guardiola semasa mereka masih menjadi pemain Barcelona.

Van Gaal juga termasuk sukses dalam melatih Barcelona. Ia berhasil mempersembahkan beberapa trofi bergengsi seperti dua gelar La Liga Spanyol, satu Copa del Rey dan satu piala UEFA. Van Gaal sendiri sudah tak aktif sebagai pelatih sejak dipecat The Red Devils.

Pemecatan itu terasa ironis karena dilakukan usai Setan Merah memenangkan Piala FA di bulan Mei 2016 dan mendapat penghargaan dari pemerintah Negeri Kincir Angin atas kontribusinya dalam sepakbola.

95