Pensiun dari Sepakbola, Mantan Kapten Mesir Dituduh Aktif dalam Jaringan Teroris

Kamis, 19 Januari 2017 09:07 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Al jazeera
Mohamed Aboutrika, mantan pemain timnas Mesir dituduh jadi teroris. Copyright: © Al jazeera
Mohamed Aboutrika, mantan pemain timnas Mesir dituduh jadi teroris.

Pengadilan Mesir membuat sebuah keputusan mengejutkan terkait Mohamed Aboutrika. Mantan kapten Timnas Mesir ini masuf dalam salah satu daftar teroris yang paling dicari di negaranya.

Aboutrika diduga terlibat sebagai salah satu anggota dari organisasi Ikhwanul Muslimin. Organisasi ini merupakan salah satu yang dilarang oleh pemerintah Mesir.

Hal ini bermula saat pemerintah mencoba menyelidiki sumber pendanaan dari Ikhwanul Muslimin. Dari hasil penyelidikan tersebut, diketahui sejumlah aset Ikhwanul Muslimin yang dibekukan diduga atas kepemilikian Aboutrika.

Pemerintah Mesir mengumumkan bahwa Mohamed Aboutrika diduga menjadi salah satu bagian dari Ikhwanul Muslimin yang merupakan organisasi terlarang dan dicap teroris.

Buntutnya, Aboutrika diduga menjadi salah satu penyumbang dana bagi Ikhwanul Muslimin.Hal ini disampaikan langsung oleh Mohamed Osman, pengacara Aboutrika, sebagai salah satu keputusan yang tidak adil. 

"Kami akan mengajukan banding atas keputusan ini," sebut Osman seperti dikutip dari Al Jazeera.

Aboutrika memutuskan pensiun pada tahun 2013 lalu. Pria yang kini berusia 38 tahun tersebut sukses membawa Timnas Mesir 2 kali menjadi juara di Piala Afrika.

240