Dulu Ngesot di Lapangan, Eks Bintang Persib Kini Jadi 'Penerus' Pep Guardiola

Jumat, 20 Januari 2017 14:41 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Sebelum menangani tim muda Bhayangkara FC, Nova atau yang akrab disapa Vava itu pernah menukangi salah satu klub Divisi Utama, Madiun Putra. Namun usai berakhirnya ISC B 2016, Vava memutuskan untuk sementara waktu menangani klub Bhayangkara U-21.

"Kalau debut sebagai pelatih saya di Madiun Putra dan setelah ISC B kemarin ada jeda, jadi melanjutkan di Bhayangkara U-21. Dengan Bhayangkara FC sudah selesai dan sampai di 8 besar sekarang rencana akan pegang kembali klub Divisi Utama," ujar anak dari salah satu pelatih kawakan, Sartono Anwar kepada INDOSPORT.

Untuk urusan lisensi, mantan pemain kelahiran Semarang, 4 November 1978 tersebut nyatanya telah mengantongi lisensi pelatih B AFC. Memang telah sejak lama Vava bermimpi untuk menjadi pelatih usai tak lagi aktif sebagai pemain.


Nova Arianto saat masih berseragam Persib Bandung.

Jelang bergulirnya ISL Maret mendatang, Vava tengah sibuk menjalin pembicaraan dengan klub Divisi Utama. Bek kelahiran Sleman, Yogyakarta tersebut memutuskan untuk hengkang sebagai pelatih Bhayangkara U-21 dan bersiap untuk melatih klub Divisi Utama lainnya.

"Dari awal sebelum pensiun memang sudah kepikiran untuk melanjutkan karier di kepelatihan. Kebetulan saat di PBR ada kursus lisenci C yg kebetulan dikhususkan untuk pemain yang pernah di Timnas jadi langsung ambil," tambah mantan bek Timnas Indonesia yang sempat terkenal dengan gaya selebrasi suster ngesot tersebut.

Mengaku terinspirasi dari sosok mantan pelatih Persib Dejan Antonic dan sang ayah, Sartono Anwar, saat meramu strategi untuk anak asuhnya, Nova Arianto justru punya panutan lain untuk urusan fashion di pinggir lapangan. Selalu tampil rapi dan necis dengan kemeja putih dan celana bahan, Vava mengaku terisnpirasi dari sosok pelatih Manchsester City, Pep Guardiola dan arsitek Timnas Jerman, Joachim Low.

"Karena saya banyak belajar dari coach Dejan dan bapak saya kebetulan pelatih senior jadi dua orang tersebut yang jadi inspirasi saya untuk jadi pelatih besar nantinya, kalau fashion saya inspirasi dari Joachim Low dan Guardiola," tutup Nova.


Aksi Nova saat di pinggir lapangan.
1.9K