Pembangunan Stadion Piala Dunia Qatar Kembali Makan Korban

Sabtu, 21 Januari 2017 05:57 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Pembangunan stadion di Qatar guna menyambut ajang Piala Dunia 2022 kembali memakan korban. Kali ini seorang pekerja asal Inggris kehilangan nyawanya setelah terjatuh di Khalifa International Stadium. Kejadian ini terjadi pada hari Kamis saat sang pekerja tengah mengurusi sistem pencahayaan dan pengeras suara di stadion tersebut.

Dilaporkan BBC, kejadian ini merupakan kejadian kedua dalam tiga bulan terakhir terkait dengan insiden kerja untuk pembangunan stadion baru di Qatar dalam menyambut Penyelenggaraan Piala Dunia 2022. 

Sekadar informasi, Qatar terus mendapat sorotan terkait nasib para pekerja pembangunan stadion Piala Dunia 2022. Para pekerja di Qatar dianggap tidak mendapat bayaran dan tempat tinggal yang layak selama membangun stadion Piala Dunia.


Kondisi buruh imigran di Qatar

Bahkan, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sempat mendesak Qatar untuk memperbaiki perlakuan mereka pada para pekerja, sebelum tahun 2017.

Tahun lalu, pihak Amnesty memberikan alarm dan menuduh Qatar melakukan kerja paksa dalam proses pembangunan stadion. Hal tersebut berdasarkan laporan sebelumnya pada tahun 2015 yang mengatakan sekitar 1.200 pekerja telah meninggal saat membangun stadion di Qatar untuk Piala Dunia.

Namun demikian, pihak Qatar membantah adanya perlakuan buruk pada para pekerja. Berkaitan dengan insiden ini juga, Qatar mengklaim ini adalah kali pertama tewasnya pekerja stadion Piala Dunia.

579