In Depth Sports

(ANALISIS) Claudio Bravo vs Joe Hart, Siapakah Lebih Hebat?

Rabu, 25 Januari 2017 03:20 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Getty Images
Claudio Bravo vs Joe Hart. Copyright: © Getty Images
Claudio Bravo vs Joe Hart.

Ya, setelah secara resmi menjadi arsitek di tim Man City, Guardiola langsung membuat sebuah gebrakan yang membuat penggemar The Citizens menghela napas dalam-dalam. Arsitek asal Spanyol tersebut memutuskan untuk tidak memakai jasa Hart.

Ketidaksukaan Guardiola terhadap Hart terlihat ketika mencadangkannya di awal kompetisi Liga Primer Inggris, sebelum mendatangkan Bravo yang masih membela Barcelona. Akhirnya, Guardiola melepas Hart ke bursa transfer musim panas.
 

Joe Hart ketika pertama kali diperkenalkan Torino.

Kiper asal Inggris tersebut pun dibuang dengan status pemain pinjaman ke Torino. Sementara untuk menjadi kiper utama, Guardiola lebih memilih untuk memboyong Bravo, yang bermain cemerlang bersama Barcelona.

Tapi, setelah melewati setengah musim bagaimanakah perkembangan permainan kedua kiper tersebut? Nah, berdasarkan statistik yang dikumpulkan INDOSPORT dari Squawka dan Transfrmarkt, penampilan Hart yang bermain di Serie A Italia jauh lebih baik dari Bravo.
 

Statistik Joe Hart vs Claudio Bravo.

Sebagai bukti, berdasarkan data dari Squawka, dari 21 kali bermain untuk Torino, Hart berhasil menjaga gawangnya tidak kebobolan sebanyak lima kali. Dia juga berhasil melakukan penyelamatan penalti sebanyak enam kali.

Memang gawang Torino sudah kebobolan sebanyak 31 gol. Tapi untuk rasio penyelamatan sukses Hart sebanyak 93 persen. Tentu, itu merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk kiper berusia 29 tahun itu.
 

Kiper Manchester City, Claudio Bravo.

Lantas bagaimana dengan Bravo? Well, kiper asal Chile tersebut datang ke Etihad Stadium dengan status sebagai salah satu kiper terbaik di dunia karena penampilannya bersama Barcelona dan juga negaranya.

Namun, secara statistik penampilannya jauh dari kata memuaskan. Bahkan, Bravo hanya unggul dalam melakukan penyelamatan tendangan penalti. Ironisnya, beberapa kali Bravo membuat kesalahan yang merugikan Man City.

Jika dilihat berdasarkan statistik di atas, Hart jelas lebih hebat ketimbang Bravo. Jadi, bagaimana dengan Anda, siapakah yang lebih hebat Hart atau Bravo?

741