Bursa Transfer

Dibuang Barcelona, 'Messi dari Balkan' Kini Terdampar di Klub Medioker La Liga

Sabtu, 28 Januari 2017 03:19 WIB
Editor: Ramadhan
© AOP.Press/Corbis via Getty Images
Alen Halilovic. Copyright: © AOP.Press/Corbis via Getty Images
Alen Halilovic.

Bintang muda asal Kroasia, Alen Halilovic akhirnya memutuskan kembali ke La Liga Spanyol di sisa musim 2016/17.

Pemain berusia 20 tahun itu bergabung dengan klub peringkat ke-11 La Liga, Las Palmas dari Hamburg sebagai pemain pinjaman.

Pihak Las Palmas sendiri sudah memberikan pernyataan resmi usai merekrut Halilovic. Pemilik 9 caps di Timnas Kroasia itu akan memperkuat Las Palmas sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim 2017/18 mendatang.

“Halilovic sudah tiba di Gran Canaria, selamat datang,” bunyi pernyataan resmi Las Palmas lewat akun Twitter klub.

Halilovic sendiri merupakan salah satu talenta muda potensial yang banyak diincar sejumlah klub top Eropa. Lalu, Barcelona lah yang berhasil mendatangkan Halilovic dari Dinamo Zagreb saat berusia 18 tahun di musim 2014/15 lalu.

Pemain yang dijuluki ‘Messi dari Balkan’ itu pun tak langsung masuk skuat senior Barcelona dan ditempatkan lebih dulu di tim junior, Barcelona B.

Tak butuh waktu lama, Halilovic pun langsung promosi ke tim utama El Barca semusim kemudian.

Sayangnya, Halilovic kalah bersaing dengan sejumlah pemain senior lainnya seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, hingga Ivan Rakitic.

Hal itulah yang membuat pihak Blaugrana akhirnya meminjamkan sang pemain ke klub La Liga lainnya, Sporting Gijon pada 21 Agustus 2016.

Aksi Alen Halilovic bersama Barcelona.

Langkah Barcelona meminjamkan Halilovic demi mendapatkan menit bermain terbukti tepat. Pemain bertinggi badan 170 cm itu sukses mencetak 5 gol dan 5 assists untuk Gijon dalam 37 laga di semua kompetisi.

Barcelona memang sempat memulangkan Halilovic di awal musim ini. Sayangnya, karena menumpuknya pemain, El Barca akhirnya menjual sang pemain ke klub Bundesliga senilai 5 juta euro atau sekitar Rp71,4 miliar..

Namun, Barcelona menerapkan opsi pembelian kembali (buy back) di dalam kesepakatan transfer Halilovic.

Dalam klausul pembelian, tercantum jika Blaugrana bisa mengaktifkan opsi buy back asalkan membayar 10 juta euro kepada Hamburg dalam dua musim ke depan.