On This Day

On This Day: Lahirnya Si Bogel Peneror Gawang Lawan

Minggu, 29 Januari 2017 17:00 WIB
Penulis: Rendy Gusti | Editor: Galih Prasetyo
© buzzfeed.com
Romario (angkat piala) saat selebrasi bersama skuat Timnas Brasil usai meraih gelar Piala Dunia 1994. Copyright: © buzzfeed.com
Romario (angkat piala) saat selebrasi bersama skuat Timnas Brasil usai meraih gelar Piala Dunia 1994.

Sebagai seorang pesepakbola andal, Romario memulai meniti karier sepakbolanya di sebuah klub kecil di Rio de Janeiro, Brasil, Olaria Atletico Clube (1979/80). Berselang satu tahun, ia bergabung dengan tim junior Vasco da Gama selama 4 tahun (1981-1985).

Mulai dari situlah namanya mulai dikenal oleh seluruh orang di penjuru dunia. Ketika membela Vasco da Gama, Romario memperlihatkan kemampuan mencetak gol yang mumpuni, yang membuat tim yang dibela menjuarai dua gelar liga dan mendapat panggilan dari Tim Nasional Brasil.

Bersama Timnas Brasil, namanya pun kian bersinar kala mengikuti Olimpiade di Korea Selatan pada tahun 1988 silam. Meskipun Brasil harus puas mendapatkan medali perak, namun Romario berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dengan total 7 gol. Kala itu, Brasil kalah dari Uni Soviet dengan skor 1-2. Pada laga final di Stadion Olimpiade, Seoul, Romario mencetak gol di menit ke-30.


Romario menjadi salah satu tulang punggung Timnas Brasil.

Selain itu, dirinya pun menjadi pahlawan ketika Brasil menjadi kampiun Copa America di tahun 1989. Ketika Brasil dilatih oleh Sebastiao Lazaroni, Romario kembali mendapat panggilan ke dalam skuat Timnas. Dan pada saat itu pula ia berhasil membawa Brasil melangkah ke final dan mengalahkan Uruguay dengan satu-satunya gol yang ia ciptakan.

Tinta emas yang ia catatkan bersama Timnas Brasil semakin mengkilap setelah dirinya berhasil membawa Tim Samba menjuarai Piala Dunia di tahun 1994. Ia menjadi salah satu pencetak gol (55) dan pemilik caps (70) terbanyak di Brasil, di bawah Pele (77 gol dari 92 caps) dan Ronaldo Luis Nazario de Lima (62 gol dari 98 caps).

Tidak hanya di Timnas, Romario juga memiliki beragam prestasi bersama klub-klub yang dibelanya. Berikut INDOSPORT memberikan beberapa fakta menarik untuk mengingat kembali perjalanan karier sang pencetak gol ulung asal Brasil ini.

322