Philipp Lahm Umumkan Pensiun

Rabu, 8 Februari 2017 08:35 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© fcbayern.com
Kapten Bayern Munchen, Philipp Lahm. Copyright: © fcbayern.com
Kapten Bayern Munchen, Philipp Lahm.

Philipp Lahm sedianya masih punya sisa kontrak satu tahun dengan Munchen. Namun bek 33 tahun ini memutuskan untuk menutup kariernya sebagai salah satu pesepakbola tersukses di Jerman.

Lahm telah tampil sebanyak 501 kali bersama Munchen sejak debut seniornya pada 2002. Bersama Bavaria, Lahm telah memenangkan Bundesliga sebanyak tujuh kali dan bahkan menjuarai Liga Champions.

"Saya telah menginformasikan ofisial klub tentang keputusan ini. Saya bisa melanjutkan dengan gaya kepemimpinan saya, memberikan yang terbaik setiap harinya di tiap latihan hingga akhir musim. Saya bisa melakukannya di musim ini, tapi tak bisa lebih," ujarnya seperti dilansir BBC.

"Saya telah menimbangnya lebih dari setahun lalu. Anda harus terus menguji diri sendiri, Anda harus terus bertanya 'bagaimana tadi', hari demi hari, minggu demi minggu di lapangan latihan, apa yang Anda rasakan," lanjutnya.


Philipp Lahm saat membawa Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014.

Mengikuti akhir kariernya di Timnas Jerman usai menang Piala Dunia 2014 lalu, Lahm berharap bisa pensiun saat Bayern berada di puncak kesuksesannya. Klub raksasa Jerman itu saat ini memuncaki klasemen Bundesliga dan masih akan menghadapi Arsenal di babak 16 besar Liga Champions. 

Lahm telah ditawari menjadi direktur olahraga untuk Bayern, posisi yang sedang lowong usai ditinggalkan Matthias Sammer pada Juli lalu karena masalah kesehatan. Namun ia menegaskan belum akan mengisi posisi tersebut dalam waktu dekat.

"Setelah diskusi demi diskusi, saya mencapai keputusan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk duduk sebagai dewan di Bayern," tegasnya.

618