Peserta Piala Dunia Ditambah, UEFA Minta Jatah 16 Tim

Jumat, 10 Februari 2017 09:48 WIB
Editor: Ramadhan
© Divulgacao/FIFA
Trofi Piala Dunia. Copyright: © Divulgacao/FIFA
Trofi Piala Dunia.

Format pesta sepakbola terbesar 4 tahunan akan mengalami perubahan, terutama pada gelaran Piala Dunia 2026, yang berlangsung 9 tahun mendatang. Akan ada 48 peserta yang ikut serta dalam perhelatan tersebut.

Itu artinya, ada peningkatan jumlah negara peserta yang akan ikut tampil di Piala Dunia. Sebelumnya, Piala Dunia biasanya hanya diikuti 32 tim dari seluruh negara di dunia.

Dengan bertambahnya jumlah peserta di PIala Dunia, maka secara otomatis slot untuk masing-masing konfederasi juga akan bertambah. Namun, belum ada keputusan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Soal bertambahnya negara peserta yang akan ikut Piala Dunia, pihak UEFA justru berharap negara-negara di Eropa bisa mendapatkan jatah lebih banyak. UEFA sendiri merasa pantas mendapatkan jatah 16 tim di Piala Dunia.

Logo UEFA.

Di perhelatan sebelumnya, Benua Eropa memang selalu mendapatkan slot peserta terbanyak di gelaran Piala Dunia. Lihat saja pada perhelatan Piala Dunia 2010 dan 2014, Eropa mengirimkan total 13 negara yang ikut tampil di putaran final.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, berharap konfederasinya bisa mengikutsertakan sebanyak 16 tim di Piala Dunia 2026, bahkan bila perlu di perhelatan selanjutnya. Ceferin juga meminta 16 wakil UEFA tersebut ditempatkan di 16 grup berbeda.

“Kita harus realistis. Kami bisa mendorong dan kalah suara, tapi kami pikir realistis untuk meminta paling tidak 16 slot, plus kondisi lain yang membuat masing-masing tim Eropa berada di grup berbeda," kata Ceferin di Nyon, Swiss.

Jerman saat berhasil tampil sebagai kampiun Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Lalu, jika memang benar kami sangat bagus, jika kualitas ada di sisi kami, saya pikir ke-16 tim itu bisa lolos semuanya," tandasnya.

Sejak tahun 1998 silam, ajang Piala Dunia memang selalu diikuti oleh 32 negara dari seluruh penjuru dunia. Namun, kemungkinan besar format itu akan berubah pada 9 tahun mendatang atau tepatnya di Piala Dunia 2026, yang mana akan dihuni oleh 48 negara.

Jika benar terealisasi, Piala Dunia 2026 akan terbagi ke dalam 16 grup dari total 48 negara. Di Piala Dunia sebelumnya, hanya ada 8 grup dari total 32 peserta.

1.1K