Liga Primer Inggris

Ternyata, Ada Peran Klopp Dibalik Meningkatnya Performa Mkhitaryan

Sabtu, 11 Februari 2017 19:07 WIB
Penulis: Rendy Gusti | Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Henrikh Mkhitaryan kini menjelma menjadi salah satu gelandang kunci yang dimiliki oleh Man United. Hal tersebut tak terlepas dari bantuan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp yang juga sempat menjadi pelatihnya di Borussia Dortmund.

Gelandang serang asal Armenia tersebut sebelumnya melewati masa-masa sulit di musim pertamanya di Liga Primer Inggris. Meskipun sempat bermain di empat laga pertama Man United, dirinya harus rela bermain sebagai pemain pengganti di babak kedua.


Mkhitaryan mampu beradaptasi di Inggris berkat bantuan Jurgen Klopp.

Setelahnya, nama Mkhitaryan hilang bak ditelan bumi dalam 8 laga yang dilakoni oleh The Red Devils. Dia tidak dimasukkan ke dalam skuat Setan Merah karena Mourinho lebih memilih menggunakan Juan Mata, Jesse Lingard, Marcus Rashford, dan Pogba di posisi gelandang.

Namun kini, kesempatan demi kesempatan pun akhirnya datang dan dirinya menjadi pilihan utama di dalam skuat. Hal tersebut tak terlepas dari nama Jurgen Klopp yang sempat menjadi mentor serta pelatihnya di Dortmund tahun 2013 silam. Menurutnya, Klopp telah membantunya membentuk pribadi yang lebih kuat menghadapi setiap kesulitan yang ada.

"Saya sangat berterima kasih kepada Jurgen Klopp. Ia bekerja dengan keras menempa mental dan psikologis saya. Saat masih di Dortmund, saya sempat stres karena tim bermain dengan buruk," ujar gelandang berusia 28 tahun tersebut, dilansir Sportsmole.


Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp sempat menjadi mentor bagi gelandang anyar Man United, Henrikh Mkhitaryan.

"Klopp telah menunjukkan jalan keluar kepada saya. Ia mendukung saya dan mengatakan bahwa saya harus menegakkan kepala. Karena hal-hal baik akan datang dalam waktu dekat. Ia membantu saya menjadi seorang pesepakbola yang komplet," tambahnya.

Henrikh Mkhitaryan kembali menunjukkan tajinya sebagai pemain elite dengan menjadi Man of the Match kala Man United mengalahkan juara bertahan Liga Primer Inggris, Leicester City. Pada pertandingan tersebut, Miki, nama panggilan kecilnya, mencatatkan 1 gol pada menit 42 dan 1 assist dalam mengkreasikan gol Juan Mata di menit ke-49.

1.5K