Liga Primer Inggris

Pakai Narkoba, Eks Timnas Inggris Menanti Sanksi Berat

Kamis, 16 Februari 2017 12:03 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© AMA/Corbis via Getty Images
Nile Ranger Copyright: © AMA/Corbis via Getty Images
Nile Ranger

Nile Ranger sudah mengakui memiliki narkoba jenis kokain dan MDMA yang diduga telah cukup sering dikonsumsinya. Nile ketahuan mengkonsumsi narkoba saat petugas anti doping mendatangi klub untuk melakukan tes pada akhir Januari lalu.

Menurutnya, sebelum menjalani tes, Nile Ranger telah menggunakan pil MDMA dalam sebuah pesta. Malam berikutnya, ia menggunakan kokain. Di Indonesia, pil MDMA sempat populer setelah artis Raffi Ahmad ditangkap karena mengkonsumsi pil tersebut. MDMA merupakan senyawa yang digunakan sebagai obat psikoaktif yang kerap disalah gunakan karena dapat membuat tenang dan tubuh berenergi.

Akibat tindakannya, striker Southend United, klub yang berlaga di kasta kedua sepakbola Inggris, tersebut, dilarang tampil dalam segala kegiatan yang diikuti tim utama. Sanksi tersebut akan terus berlaku hingga Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), menyelesaikan penyelidikan dalam kasus ini.

"Klub akan menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan FA sebelum membuat keputusan terkait masa depan sang pemain," demikian pernyataan resmi Southend United di halaman resmi klub.

Jika terbukti bersalah, Nile yang pernah membela Timnas U-19 Inggris ini akan menghadapi sanksi lebih berat lagi. Pihak klub bahkan menyatakan akan menganggap kontrak klub dengan Nile hangus dan tak lagi berlaku.

"Tak ada satu pun pemain yang lebih penting dari klub," tambah pernyataan klub.

Kelakuan buruk Nile Ranger ini bukanlah pertama kali dilakukan. Pada Januari 2013 lalu, ia ditangkap kepolisian Northumbria setelah dilaporkan melakukan pemerkosaan.

113