Bakal Dibangun Megah, Stadion BMW Jakarta Tak Dipakai untuk Asian Games

Jumat, 17 Februari 2017 13:23 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Stadion BMW rencananya bakal dibangun di taman yang terlebih dahulu dikenal sebagi Taman BMW yang terletak di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Namun, rencana tersebut terpaksa tertunda karena adanya permasalahan sengketa lahan yang masih terjadi.

Pembangunan Stadion BMW bermasalah karena ada pihak yang menggugat status kepemilikan dua bidang tanah di lokasi tersebut.

Sempat diperkarakan di pengadilan, Pemprov DKI Jakarta pun kembali berencana untuk memulai kembali pembangunan Stadion BMW.

Juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menyatakan jika 3 minggu yang lalu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Ratriono, datang ke Kantor Kemenpora untuk membahas pembangunan Stadion BMW.

“Kalau masalah Stadion BMW yang tahu itu Pemprov DKI Jakarta, tapi sekitar 3 minggu yang lalu, Pak Ratriono datang ke Kemenpora sebelumnya sempat ke kantor saya menyatakan akan segera dibangun,” ujar Gatot saat ditemui di kantor Kemenpora.

“Tapi yang jelas Stadion BMW bukan untuk Asian Games 2018 karena tidak mungkin selesai saat itu,” tandasnya.

Sebelumnya, Stadion BMW memang diplot untuk menjadi salah satu venue penyelenggaraan Asian Games 2018 di luar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta.

Joko Widodo saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta bertemu skuat Persija Jakarta.

Stadion tersebut juga digadang-gadang akan beroperasi untuk menggantikan Stadion Lebak Bulus (markas Persija Jakarta) yang digusur untuk kepentingan pembangunan lokasi depo mass rapid transit (MRT).

Stadion BMW bahkan kabarnya diproyeksikan akan berdiri semegah beberapa stadion di Inggris, seperti Stadion Emirates milik Arsenal. Bila sudah berdiri, Stadion BMW juga difungsikan untuk menjadi markas Persija Jakarta. 

3.4K