Hormati Achmad Kurniawan, Arema FC Resmi Pensiunkan Nomor 47

Jumat, 17 Februari 2017 15:04 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Peresmian pensiunnya nomor punggung 47 di Arema FC dilakukan dalam seremoni khusus di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. Seremoni tersebut dilakukan sebelum kick-off Arema versus PS TNI pada laga terakhir Grup B Piala Presiden, Kamis (16/02/17) kemarin.

Dalam acara yang berlangsung sekitar lima menit itu, manajemen yang diwakili Ruddy Widodo (General Manager), menyerahkan jersey Achmad Kurniawan yang dipajang di dalam bingkai kaca kepada Kurnia Meiga Hermansyah, selaku perwakilan keluarga yang juga adik kandungnya.

"Sejak saat ini, nomor punggung 47 yang menjadi kebanggaan AK resmi pensiun dan tidak akan ada lagi di Arema," Ovan Tobing berkata dalam sambutannya yang diikuti gemuruh tepuk tangan dari sekitar 8 ribu Aremania yang memadati Stadion Kanjuruhan.


Seremoni penyerahan replika jersey no 47 pada Kurnia Meiga.

"AK akan selalu kita kenang sebagai legenda tim dengan segala jasa dan dedikasinya," salah satu pendiri klub Arema itu menambahkan.

Dalam kesempatan sebelumnya, manajemen memang sudah merencanakan untuk mempensiunkan nomor 47 sebagai bentuk penghargaan kepada penjaga gawang yang berusia 37 tahun itu.

"Biarkan nomor itu menemani AK agar lebih tenang di sana," ucap General Manager tim, Ruddy Widodo setelah melakukan takziah di rumah duka yang bertempat di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.


Jenazah Achmad Kurniawan sesaat sebelum dikebumikan.

AK wafat pada 10 Januari lalu karena mengalami serangan jantung dan kadar gula darah yang tinggi. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, AK lebih dulu mengalami kritis dan mendapat perawatan secara intensif di ruang IGD RS Syaiful Anwar Kota Malang, sejak 29 Desember 2016.

Sepanjang karirnya, AK membela Arema dalam dua periode. Datang di musim 2006, AK ikut memberi gelar juara Copa Indonesia dan berlaga di Liga Champions Asia satu musim berselang. Sempat hijrah ke Persik Kediri dan Semen Padang, AK lalu kembali ke Arema di musim 2011 hingga di akhir hayatnya.

2.9K