Serie A Italia.

(CUPLIKAN GOL) AC Milan 2-1 Fiorentina: Berkah Pemain Pinjaman

Senin, 20 Februari 2017 05:01 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Hanya butuh waktu lima menit bagi AC Milan untuk mendapatkan peluang emas yang bisa membuka keunggulan. Mendapat tendangan bebas beberapa meter dari kotak penalti Fiorentina, Suso yang menjadi eksekutor berhasil menendang bola ke gawang yang dijaga Ciprian Tatarusanu. Beruntung bagi tim tamu, arah bola tendangan Suso masih sedikit saja melebar di atas mistar gawang.

Lima menit kemudian, tepatny pada menit ke-10 Milan kembali mendapat peluang. Berawal dari situasi serangan balik, Ignazio Abate yang menggiring bola dan melepaskan umpan silang ke mulut gawang. Sayangnya, Carlos Bacca yang dituju gagal memaksimalkannya dengan baik.

Barulah pada menit ke-16, peluang yang diciptakan Milan berhasil dikonversi menjadi gol. Sebuah umpan jarak jauh yang dilepaskan Suso, mampu disundul dengan baik oleh Juraj Kucka ke arah gawang Fiorentina. Milan unggul 1-0 atas tim tamu.

Sayangnya, keunggulan Milan tersebut tidak bertahan lama, setelah empat menit kemudian, Fiorentina berhasil mencetak gol penyeimbang. Nikola Kalinic yang lepas dari jebakan offside mampu menerima umpan silang dari Federico Chiesa dan langsung melakukan sontekan kaki kanan yang tidak mampu diantisipasi Gianluigi Donnarumma. Skor menjadi imbang 1-1.

Memasuki menit ke-31, Milan kembali berhasil unggul atas Fiorentina berkat aksi Gerard Deulofeu. Pemain muda pinjaman dari Everton itu mampu melewati hadangan dua pemain Fiorentina, sebelum melepaskan sebuah tendangan ke pojok gawang. Milan kembali unggul dengan skor 2-1.

Hingga babak pertama usai, tidak ada gol lagi yang tercipta. Keunggulan 2-1 Milan atas Fiorentina pun menutup laga paruh pertama.

Babak Kedua

Meskipun tertinggal dari Milan di babak pertama, Fiorentina mengambil alih penguasaan bola di sepanjang 10 menit babak kedua. Fiorentina sendiri nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-56.

Bermula dari tendangan bebas Ilicic yang menempatkan bola ke tiang jauh, Sanchez  yang berdiri bebas menendang bola tepat di mulut gawang, namun bola malah mengarah ke atas gawang Donnarumma.

Hingga memasuki 10 menit waktu normal yang tersisa, Fiorentina masih belum menemukan celah untuk menembus ketatnya lapisan pertahanan Milan.

Klub yang identik dengan warna ungu itu malah nyaris kebobolan saat laga memasuki menit ke-85. Abate yang berhasil menggiring bola sendirian ke arah kotak penalti Fiorentina berhasil melepaskan sebuah tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi skuat asuhan, Paulo Sousa, bola masih mampu dihalau dengan baik oleh Tatarusanu.

Hingga akhir pertandingan, skor 2-1 yang tercipta sejak babak pertama tidak mengalami perubahan dan Rossoneri pun keluar sebagai pemenang atas Fiorentina.

Torehan tiga poin ini pun mmebuat Milan masih bertahan di peringkat tujuh klasemen sementara Serie A Italia 2016/17 dengan koleksi 44 poin dari 25 laga. Sementara Fiorentina berada satu tingkat di bawah Milan, dengan total perolehan poin sebanyak 40 poin.

Susunan Pemain Kedua Tim:

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Leonel Vangioni, Gustavo Gomez, Gabriel Paletta, Ignazio Abate, Mario Pasalic, Jose Sosa, Juraj Kucka, Gerard Deulofeu, Carlos Bacca, Suso.
Cadangan: Gianluca Lapadula, Keisuke Honda, Lucas Ocampos, Matias Fernandez, Andrea Poli, Cristian Zapata, Marco Storari, Alessandro Plizzari, Raul Zucchetti, Manuel Locatelli, Andrea Bertolacci, Davide Calabria.
Pelatih: Vincenzo Montella.

Fiorentina (3-4-2-1): Ciprian Tatarusanu, Davide Astori, Gonzalo Rodriguez, Carlos Sanchez, Carlos Salcedo, Matias Vecino, Borja Valero, Federico Chiesa, Sebastian Cristoforo, Josip Ilicic, Nikola Kalinic.
Cadangan: Sebastien De Maio, Milan Badelj, Maximiliano Olivera, Cristian Tello Herrera, Riccardo Saponara, Giacomo Satalino, Ianis Hagi, Khouma Babacar, Hrvoje Milic, Nenad Tomovic, Marco Sportiello.
Pelatih: Paulo Sousa.