Dapat Restu FIFA, Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Rabu, 22 Februari 2017 05:06 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Gerry Anugrah Putra
© affsuzukicup.com
Timnas Indonesia berpeluang tampil pada Piala Dunia 2034 Copyright: © affsuzukicup.com
Timnas Indonesia berpeluang tampil pada Piala Dunia 2034

Dalam kunjungannya ke Myanmar, Jumat (17/02/17) lalu, Gianni infantino mengungkapkan bahwa negara-negara di Asia Tenggara dinilai memiliki peluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Beberapa negara tersebut adalah Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Myanmar, hingga Singapura.

"Saya mendukung tuan rumah bersama, yang tentu saja membuka kesempatan bagi banyak asosiasi. ASEAN merupakan wilayah yang bergairah dalam sepakbola," kata Infantino seperti dilansir Reuters.

Indonesia dan 5 negara ASEAN menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Infantino menambahkan negara-negara di Asia Tenggara harus bersatu agar bisa menggelar perhelatan sepakbola terbesar yaitu Piala Dunia yang selama ini belum pernah digelar di kawasan ASEAN karena dinilai sulit hanya diselenggarakan di satu negara.

"Untuk kawasan ASEAN menjadi tuan rumah tunggal saya rasa sulit," lanjutnya.

Berkaca pada tahun 2007, ASEAN juga pernah berpengalaman menjadi tuan rumah bersama Piala Asia 2007. Ketika itu, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam, menjadi tuan rumah bersama.

Sebelumnya, keenam negara ASEAN ini telah mendapat tawaran untuk ikut serta dalam undian tuan rumah Piala Dunia 2034 sebagai tuan rumah bersama. 

Jika tercapai, maka Piala Dunia 2034 akan menjadi kali ketiga bagi Asia menggelar Piala Dunia, setelah tahun 2002 (Jepang dan Korea Selatan) dan 2022 (Qatar).

4.2K