Ryan Giggs Mengkritik Banyaknya Pelatih Asing di Liga Primer Inggris

Rabu, 22 Februari 2017 21:01 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Liga Primer Inggris dikenal sebagai liga nomor satu di dunia. Beberapa klub di Liga Primer Inggris bahkan dilatih oleh pelatih-pelatih kawakan dunia, seperti Pep Guardiola (Spanyol), Jurgen Klopp (Jerman), Antonio Conte (Italia), Jose Mourinho (Portugal), dan yang terlama adalah Arsene Wenger (Prancis).

Tercatat hanya tujuh dari 20 klub yang bermain di Liga Primer Inggris yang diisi oleh pelatih-pelatih berkebangsaan Inggris Raya. Padahal, Giggs mengakui pelatih-pelatih berkebangsaan Inggris Raya tidak kalah hebat dibandingkan dengan para pelatih kawakan tersebut.

“Saya merasa tidak banyak pelatih asal Inggris Raya yang melatih di Liga Primer Inggris. Padahal, mereka sama bagusnya dengan para pelatih klub papan atas Liga Primer,” ucapnya dikutip Mirror.

Jose Mourinho dan Ryan Giggs.

“Akan sangat bagus melihat pelatih dari tanah sendiri diberikan kesempatan untuk melatih klub Liga Primer. Itu adalah hal yang penting, untuk meningkatkan kualitas dari pelatih asal Inggris,” tambahnya.

Pria kelahiran 43 tahun silam ini memberikan contoh Paul Clement, sebagai pelatih Inggris yang kini mengangani Swansea City. Menurutnya, performa The Swans dalam lima laga terakhir mereka di Liga Primer Inggris sebagai bukti nyata pelatih asal Inggris mampu berbicara di kancah terpopuler di dunia tersebut.

“Seperti yang saya bilang, ada kualitas dari pelatih Inggris dalam menangani sebuah klub. Bila kamu tidak mendapatkan kesempatan, maka kamu tidak memiliki kesempatan untuk menampilkan yang terbaik kepada mereka semua,” tutupnya.

159