La Liga Spanyol

Inilah Sosok Pelatih yang Cocok Gantikan Enrique di Barcelona

Kamis, 23 Februari 2017 17:37 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Kekalahan memalukan Barcelona dari Paris Saint-Germain dengan skor telak 0-4 pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2016/17 di Parc des Princes, membuat nasib Luis Enrique sebagai pelatih mulai dipertanyakan.

Enrique dianggap tak memiliki inovasi dalam meramu taktik El Barca, sehingga membuat Andres Iniesta dan kawan-kawan harus dibantai PSG. Salah satu yang menjadi sorotan adalah hilangnya identitas Barcelona sebagai tim penguasa permainan yang selama ini melekat.

Terkait situasi sulit yang kini tengah dihadapi raksasa asal Catalan tersebut, legenda Real Madrid dan Barcelona, Bernd Schuster pun ikut angkat bicara. Schuster beranggapan bahwa Barcelona keropos di lini tengah.

Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, Bernd Schuster.

“Mereka (Barcelona) kehilangan bola di wilayah mereka yang paling penting di atas lapangan yakni di lini tengah,” ungkap Bernd Schuster seperti dilansir Sport.

“Sebelumnya mereka memang memiliki Xavi, Busquets, dan Iniesta, yang memainkan total football. Sekarang, Madrid justru memiliki lini tengah yang lebih baik, mereka memiliki lebih banyak pilihan,” ujarnya.

Saat ditanya soal sosok Jorge Sampaoli, yang dianggap bisa nyetel dengan filosofi bermain Barcelona jika menjadi pengganti Luis Enrique, Schuster pun menilai hal itu positif. Bagi Schuster, Sampaoli memiliki kapasitas untuk melatih El Barca.

Pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli.

“Saya kira begitu, ya. Sampaoli sangat intens, dia menghidupkan sepakbola, saya suka apa yang dia lakukan dengan tim dan bagaimana dia bermain,” terang Schuster soal Sampaoli yang disebut-sebut bakal menggantikan Enrique.

“Dia datang ke Spanyol dan menjadi pelatih yang bagus, dan dia memiliki hubungan yang baik dengan pemain,” tandasnya.

Sampaoli yang masih berstatus pelatih Sevilla saat ini, memang digadang-gadang menjadi calon kuat untuk menggantikan posisi Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona. Selain Sampoli, muncul juga nama Ronald Koeman yang masuk dalam daftar calon pelatih El Barca.

299