Nicholas Pambudi, Rela Tinggalkan Barcelona Demi Timnas Indonesia

Kamis, 23 Februari 2017 19:37 WIB
Editor: Ramadhan
© Indosport/dokumen pribadi
Nicholas Yohanes Pambudi. Copyright: © Indosport/dokumen pribadi
Nicholas Yohanes Pambudi.

PSSI akhirnya memanggil 12 pemain yang berkarier di luar negeri untuk mengikuti seleksi masuk Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri. Masuk menjadi salah satu pemain, Nicholas Yohanes Pambudi pun mengaku sangat senang.

INDOSPORT pun menghubungi Nicho, panggilan akrab Nicholas Yohanes Pambudi, beserta sang ayah, Hernoto Teguh Pambudi. Keduanya memberikan respon yang sama yakni senang dan antusias melihat Nicho bias menjadi bagian dari Skuat Garuda Muda.

“Seneng sih, tapi karena saya gak lihat face-nya (wajahnya) dan cuma ngabarin via Whatsapp, jadi gak bisa tahu ekspresinya,” ujar ayah Nicho, Hernoto Teguh Pambudi kepada INDOSPORT sambil tersenyum.

Tak mau kalah, Nicho yang saat ini berada di Barcelona, Spanyol, juga sangat senang setelah menerima kabar baik dari sang ayah, yang saat ini tinggal di Indonesia, tepatnya di Lippo Cikarang.

“Iya seneng banget (dipanggil seleksi Timnas U-19). Kemarin dibilangin papa,” ujar Nicholas Yohanes Pambudi saat dihubungi INDOSPORT.

Nicholas Pambudi sebelum menjalani sesi latihan di Barcelona, Spanyol.

Saat ditanya mengenai persiapannya, Nicho pun mengaku tak ada persiapan khusus jelang mengikuti seleksi masuk Timnas U-19. Ia menyebut akan memanfaatkan waktu yang tersisa dengan tetap latihan seperti biasanya di Barcelona.

“Persiapan di sini (di Barcelona), ya latihan seperti biasanya,” jelas Nicho singkat.

Awalnya, sang ayah, Hernoto cukup resah dengan pemanggilan Nicho untuk ikut seleksi Timnas U-19. Hal itu disebabkan karena jadwal seleksi Garuda Muda yang berbenturan dengan kompetisi di Barcelona, Spanyol.

Sebagai informasi, seleksi Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri rencananya akan dimulai di awal April. Sedangkan, turnamen di Barcelona yang rencananya akan diikuti Nicho juga akan berlangsung di waktu yang sama.

Nicholas Pambudi saat berpose di markas klub La Liga Spanyol, Eibar.

Hernoto sempat berharap seleksi Timnas U-19 bisa diselenggarakan di awal Maret saja, agar Nicho juga bisa mengikuti turnamen di Barcelona. Namun, demi Timnas Indonesia, sang ayah rela jika Nicho tak ikut serta bersama teman-temannya di kompetisi.

“Iya seneng aja mas, semoga aja bisa lanjut terus tren positifnya. Tapi lebih seneng lagi kalau seleksinya bulan Maret,” beber Hernoto.

“Kalau bulan April pas libur Semana Santa, di sana (di Barcelona) juga anak-anak sebenarnya banyak turnamen. Jadi sayang banget gak bisa ikut turnamen, tapi ya inilah pilihan,” tandasnya.

Sementara Nicho sendiri tak mempermasalahkan jika ia gagal mengikuti turnamen karena harus memilih untuk ikut seleksi Timnas U-19. “Ia gak apa-apa, sekalian liburan ke Indonesia,” ungkap Nicho sembari tertawa.

Nicho sendiri bakal pulang ke Tanah Air lebih awal sebelum hari H seleksi Timnas U-19. Hal itu dilakukan agar Nicho bisa istirahat lebih dulu.

Nicholas Pambudi bersama rekan-rekannya di Marcet Fundacion di Barcelona, Spanyol.

“Katanya tanggall seleksinya 6-12 April. Paling kalau jadi, flight dari Barcelona tanggal 2 April, jadi bisa sampai Jakarta tanggal 3 April, biar ada rest dulu,” jelas Hernoto.

Nicho sendiri saat ini tengah berjuang menimba ilmu sepakbola bersama salah satu akademi sepakbola bersama Marcet Fundacion di Barcelona, Spanyol. Sejak usia 12 tahun atau saat naik kelas 2 SMP, Nicho berangkat ke Spanyol.

Sebelumnya, Nicho pernah belajar sepakbola di Soccer School Indonesia (SSI) Arsenal di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten pada tahun 2011-12. Lalu, Nicho melanjutkan sepak terjangnya di SSB JFA Halim pada 2012.

Tak hanya itu, Nicho juga sempat mengenyam latihan sepakbola di REFA Spanyol pada 2013-2014, sebelum akhirnya bergabung dengan Marcet Fundacion di Barcelona pada 2014 hingga saat ini.

5.4K