On This Day

On This Day: Lahirnya Legenda Sepakbola Korea Selatan Bertenaga Nuklir

Sabtu, 25 Februari 2017 11:06 WIB
Penulis: Rendy Gusti | Editor: Hendra Mujiraharja
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Mantan gelandang Manchester United, Park Ji-Sung. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Mantan gelandang Manchester United, Park Ji-Sung.

Pria yang dikenal dengan sebutan Three Lungs Park ini lahir di Goheung, Jeollanam-do, Korea Selatan, 25 Februari 1981 silam. Sebagai seorang yang berasal dari Korea Selatan, dia telah membuktikan bahwa orang Asia mampu bersaing dan menjadi juara di kancah Eropa.

Ji-sung memulai karier sepakbolanya bersama dengan Myongji University (2000), sebelum akhirnya klub asal Jepang, Kyoto Purple Sanga (2000-2003) memberikannya kontrak profesional. Di sanalah masa di mana dirinya berkembang menjadi pemain dengan fisik dan tenaga yang kuat.

Kekuatan fisik Ji-sung yang tak kenal lelah di atas lapangan hijau membuat dirinya mendapatkan sebutan Three Lungs Park. Bahkan, Andrea Pirlo menyebutnya sebagai gelandang tengah berkekuatan nuklir dari Korea Selatan dalam buku autobiografinya.


Park Ji-sung merupakan gelandang serba bisa Manchester United.

Selama karier profesionalnya, pesepakbola dengan tinggi 1,78 m ini hanya bergabung bersama 4 klub saja. Di antaranya adalah Kyoto Purple Sanga (2000-2003), PSV Eindhoven (2003-2005 dan 2013/14), Manchester United (2005-2012), dan Queens Park Rangers (2012-2014).

Dia memutuskan untuk pensiun dalam balutan seragam QPR pada bulan Juli 2014 lalu setelah tak sanggup menahan rasa sakit pada lutut kanannya.

Pada tahun 2007 silam, dirinya menjalani operasi lutut kanan, yang membuat karier sepakbolanya berubah. Sejak saat itu, Ji-sung tidak dapat mengeluarkan segenap kemampuannya akibat rasa sakit yang ia rasakan.


Park Ji-sung meraih banyak trofi bersama Manchester United.

Selepas masa pensiun, dirinya pun diangkat sebagai global ambassador bagi Manchester United dan melakukan kegiatan sosial bersama JS Foundation pada tahun 2011.

Untuk merayakan hari ulang tahun Three Lungs Park yang ke-36, INDOSPORT telah menyediakan beragam fakta menarik kepada para pembaca setia tentang karier dan kehidupan Park Ji-sung.

4.6K