On This Day: Trofi Mayor Pertama Mourinho di Dua Klub Beda

Senin, 27 Februari 2017 22:08 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alex Livesey/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho pada saat melawan Middlesbroug. Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho pada saat melawan Middlesbroug.

Pada tanggal 27 Februari 2005, pelatih anyar Chelsea kala itu, Jose Mourinho, menghadirkan trofi pertama untuk klub yang berbasis di London tersebut setelah mengalahkan Liverpool di final Piala Liga.

Anak asuh Mourinho yang saat itu dihuni oleh penyerang legendaris mereka, Didier Drogba, berhasil menaklukkan anak asuh Rafael Benitez di Stadion Millennium dengan skor 3-2.

Sesungguhnya, Liverpool sempat unggul di menit awal pertandingan melalui pemain sayap mereka, John Arne Riise. Namun, kapten Steven Gerrard sepertinya sudah menjadi momok menakutkan sedari dulu untuk skuat The Reds bila bertemu dengan Chelsea.

Pasalnya, dirinya mencetak gol bunuh diri 11 menit sebelum waktu normal pertandingan berakhir. Hal tersebut-lah yang menjadikan diadakannya perpanjangan waktu karena skor sama kuat 1-1.

Didier Drogba menjadi mimpi buruk The Anfield Gank setelah berhasil menjebloskan bola ke gawang Jerzy Dudek di menit 107, yang kemudian disusul oleh Mateja Kezman di menit 112. Sementara gol hiburan Antonio Nunez di menit 113 tidak mampu membawa Liverpool memenangi Piala Liga.

Uniknya, apa yang dilakukan oleh Mourinho 12 tahun yang lalu kini kembali dilakukan dengan klub barunya, Manchester United. Di ajang yang sama, Piala Liga, anak asuh Jose Mourinho berhasil mengalahkan ‘akademi Liverpool’, ejekan Southampton, dengan skor yang sama pula, 3-2.

1.3K