(FOTO) Kamus Bahasa Spanyol untuk Pemain Seleksi Timnas U-22

Rabu, 1 Maret 2017 19:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla, memberikan instruksi kepada pemain seleksi kedua. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla, memberikan instruksi kepada pemain seleksi kedua.

Jajaran pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 menempuh cara khusus untuk mempermudah komunikasi pemain seleksi dengan pelatih Luis Milla. Cara khusus tersebut dengan membuat kamus spesial yang berisi kalimat pendek soal sepakbola dalam bahasa Spanyol. Kalimat yang berhubungan dengan sepakbola misalnya mengenai instruksi-instruksi singkat dari Milla.

Keputusan tersebut dilakukan mengingat Milla maupun dua asistennya, Eduardo Perez dan Miguel Gandia memiliki keterbatasan dalam berbahasa Indonesia. Milla dan Gandia sendiri juga dikabarkan kurang fasih menggunakan bahasa Inggris, hanya Eduardo yang lancar memakai bahasa internasional tersebut.

"Kita sudah diberikan pengurus, ada semacam kamus kecil bahasa Spanyol. Bahasa dalam sepakbola seperti pressing, shooting, lompat, support, dan lainnya," ujar salah satu asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti. 

"Semua pemain seleksi diberikan buku tersebut. Mungkin isinya ada sekitar 150 kata dalam sepakbola," sambung mantan pemain Persema Malang tersebut.

Penampakan kamus kecil bahasa Spanyol untuk pemain seleksi Timnas Indonesia U-22.

Lebih lanjut, Bima Sakti juga menjelaskan bahwa Milla selalu terbuka dan terus berbicara dengan para pemain seleksi yang merasa kesulitan bahasa. Milla, Miguel, dan Eduardo juga menunjukkan loyalitasnya dengan belajar bahasa Indonesia agar lebih memudahkan komunikasi di masa mendatang.  

"Coach Luis Milla juga selalu terbuka dengan pemain yang belum mengerti dan membuka kesempatan untuk bertanya serta mengungkapkan kesulitannya," ujar Bima Sakti.

"Mereka (Milla, Eduardo dan Miguel) juga mulai belajar bahasa Indonesia agar komunikasi lancar. Jadi, tidak hanya kita yang belajar tetapi ada dua arah," tutut pelatih yang memiliki lisensi B AFC tersebut.

323