5 Pemain Seleksi Timnas U-19 Dinilai Lebih Hebat

Sabtu, 4 Maret 2017 14:24 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (kiri) sedang memantau seleksi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (kiri) sedang memantau seleksi.

Indra Sjafri menyebut setidaknya ada 16-18 pemain seleksi Timnas U-19 layak untuk mengikuti pemusatan latihan yang akan digelar pada pertengahan Maret 2017 mendatang. Bahkan, 5 pemain diantaranya, dinilai Indra mempunyai kualitas melebihi Evan Dimas Darmono, alumni Timnas U-19 Indonesia angkatan sebelumnya.

"Ada 5 pemain kualitasnya melebihi dari Evan Dimas. Tidak bisa disebutkan namanya," kata Indra selepas memimpin seleksi hari terakhir Timnas U-19 di National Yout Training Centre (NYTC) Sawangan, Depok, Sabtu (04/03/17) pagi.

Indikator dari pemain yang lolos, sebut Indra, telah melampaui beberapa tahapan mekanisme seleksi. Mantan pelatih Bali United tersebut menjelaskan, tiga metode yang diberikannya cukup untuk melihat kualitas para pemain seleksi.

Indra Sjafri menilai sejumlah pemain seleksi Timnas U-19 Indonesia dinilai memiliki potensi yang cukup baik.

"Kriteria kemampuan yang lolos seleksi yakni skill-nya bagus, fisik bagus, mental bagus. 18 dari 41 pemain lolos dari seleksi tahap pertama," tutur Indra.

Setelah ini, Timnas U-19 kembali akan mengadakan seleksi tahap kedua. Empat wilayah kebagian jatah untuk menyelenggarakan pencarian bakat muda Indonesia yaitu Pekanbaru, Makassar, Surabaya, dan DKI Jakarta. Indra menyebutkan, bakal menugaskan setiap Asosiari Provinsi (Asprov) PSSI untuk memantau seleksi tahap kedua tersebut.

Seleksi tahap kedua Garuda Muda direncanakan akan digelar pada 6-12 Maret 2017 mendatang. Setelah itu, para pemain yang lolos dari seleksi tahap kedua bakal digabungkan dengan seleski tahap pertama untuk mengikuti pemusatan latihan.

1.7K