Dilarang! Kendaraan Bermotor Masuk ke Stadion GBK

Minggu, 5 Maret 2017 12:41 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Proses renovasi kawasan kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK) untuk venue Asian Games 2018 masih berlangsung. Beberapa perubahan jiga akan mulai diterapkan termasuk larangan kendaraan untuk masuk ke kawasan tersebut.

Arsitek yang bertanggung jawab untuk renovasi kawasan Istana Olahraga (Istora) Senayan, Boy Bhirawa, mengungkapkan jika nantinya konsep GBK pasca renovasi selesai akan sepenuhnya berubah.

Tak cuma saat berlangsungnya Asian Games 2018 mendatang, setelahnya kendaraan bermotor dan mobil akan dilarang masuk dan parkir di kawasan venue GBK. Hal tersebut sesuai dengan konsep GBK yang juga berfungsi sebagai taman kota.

"Nantinya untuk parkir akan dipusatkan di kawasan Timur Senayan. Konsep lingkungan di sini akan berubah, nanti tidak akan lagi bisa kendaraan parkir di tempat venue," ujar Boy saat ditemui di kawasan Istora Senayan.

"Bakal ada commuter yang berkeliling, karena sebenarnya kendaraan yang masuk itulah yang menghancurkan sistem," tambahnya.

Meski begitu, nantinya akan ada pengecualian untuk beberapa event yang mengharuskan kendaraan untuk masuk. Namun secara keseluruhan, larangan kendaraan masuk ke kawasan GBK bakal diwujudkan.

"Tapi ada pengecualian untuk event tertentu karena kawasan ini kan juga sering menjadi tempat konser. Jadi kalau misalnya cuaca hujan tidak mungkin suruh jalan dari depan, tapi semenjak dibuka sebagai taman kota harusnya konsep tersebut diterapkan," jelas Boy.