Piala Putri Nusantara 2017: Turnamen Bergengsi Sepakbola Wanita Tahun Ini

  • Piala Puteri Nusantara 2017 diselenggarakan dari tanggal 8-14 Maret 2017.
  • Ada 10 tim sepakbola wanita yang mengikuti Piala Putri Nusantara 2017.

Senin, 6 Maret 2017 17:48 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Tengku Sufiyanto
Zainal Hasan/INDOSPORT
Bengawan Cup II 2016. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORT
Bengawan Cup II 2016.

Ada 10 tim sepakbola wanita yang berasal dari berbagai Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bakal mengikuti Piala Putri Nusantara 2017. Turnament tersebut bakal digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, pada 8-14 maret mendatang.

Ketua Panitia, Esti Puji Lestari, mengatakan Piala Putri Nusantara merupakan acara yang digelar oleh PSSI. Namun, PSSI mempercayakan Yayasan Citra Raga Selaras (YCRS) yang juga dimiliki oleh Esti sebagai pelaksana acara turnament tersebut.

Lebih lanjut Esti mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk melihat bakat para pemain sepakbola wanita yang berasal dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Selain itu, turnamen tersebut juga digelar sebagai wadah kompetisi untuk para pesepakbola wanita yang ada. Pasalnya, selama ini jarang ada kompetisi resmi yang digelar untuk mewadahi sepakbola putri.

Sebelum turnamen Piala Putri Nusantara 2017, ada turnamen bergengsi wanita lainnya, yakni Bengawan Cup II.

Acara itu nantinya juga menjadi cikal bakal digelarnya liga sepakbola wanita yang ada di Indonesia.

“Banyak tujuan yang ingin kita wujudkan dari turnamen ini, termasuk juga sebagai persiapan untuk kompetisi Piala AFF U-15 tahun 2017, dengan persiapan yang matang harapannya kita akan berprestasi di ajang tersebut,” ujar Esti kepada INDOSPORT.

Wanita yang juga menjadi CEO Persijap Jepara tersebut mengatakan, 10 tim yang akan diundang dalam acara tersebut berasal dari Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Di Yogyakarta, Papua, dan Banten.

“Pembukaan akan dilakukan pada 8 Maret, dan partai final akan dilakukan pada 14 Maret. Rencananya akan dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Bapak Edy Rahmayadi,” katanya.