Kasih Kode ke Barcelona, Xavi Siap Ikuti Jejak Guardiola

Selasa, 7 Maret 2017 22:34 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Barrington Coombs/Getty Images)
Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez Copyright: © Barrington Coombs/Getty Images)
Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez mengungkapkan keinginannya untuk kembali ke Camp Nou. Bahkan, pria asal Spanyol tersebut menegaskan impiannya untuk melatih Barcelona di masa mendatang.

Sejak Luis Enrique memutuskan untuk mengundurkan diri pada musim depan, manajemen Blaugrana terus mencari pelatih yang cocok untuk menggantikan posisinya.

info grafis Luis Enrique.

Beberapa nama pun mencuat ke permukaan. Mereka termasuk Jorge Sampaoli dan Ernesto Valverde, yang diunggulkan untuk menggantikan posisi Enrique.

Tiba-tiba, Xavi pun memberikan kode kepada manajemen Barcelona seolah dirinya siap untuk menggantikan posisi Enrique.

“Menjadi pelatih Barcelona merupakan sebuah impian dan saya berada dalam jalur yang benar untuk mewujudkan hal itu. Saya sedang berusaha mewujudkannya, tapi saya belum mendapatkan lisensinya,” kata Xavi.

Xavi Hernandez siap untuk mengikuti jejak Pep Guardiola.

Memang tidak mudah untuk melatih tim besar seperti Barcelona. Sosok itu harus bisa meredam ego pemain bintang yang ada di skuat seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar, dll.

“Ada banyak hal yang harus dipelajari ketika harus berurusan dengan ruang ganti pemain yang berisi 25 pemain, termasuk tim teknik dan staf medis. Bukan tidak mungkin menggantikan Luis Enrique musim depan. Tapi, saya harus melewati ujian dulu untuk mendapatkan surat kepelatihan,” sambungnya.

Jika Xavi benar-benar ditunjuk untuk melatih Barcelona, maka pria berusia 37 tahun itu akan mengikuti jejak Pep Guardiola dan Luis Enrique yang dipromosikan menjadi arsitek utama.