Liga Champions

Gelandang PSG Ungkap Kelemahan Formasi 3 Bek Barcelona

Rabu, 8 Maret 2017 14:12 WIB
Editor: Ramadhan
© Dave Winter/Icon Sport via Getty Images
Blaise Matuidi (PSG) vs Barcelona. Copyright: © Dave Winter/Icon Sport via Getty Images
Blaise Matuidi (PSG) vs Barcelona.

Barcelona akan menjalani misi sulit saat berhadapan dengan Paris Saint-Germain pada laga leg kedua Liga Champions musim 2016/17 di Camp Nou. Pasalnya, El Barca kalah telak 0-4 pada laga leg pertama di Parc des Princes.

Perjuangan Blaugrana untuk membalikkan keadaan terbilang sangat sulit. Meski begitu, pelatih El Barca, Luis Enrique bakal menurunkan skuat terbaik dengan perubahan formasi.

Jika pada laga leg pertama Barcelona memakai pakem andalan mereka yakni 4-3-3, pada laga di Camp Nou nanti, Enrique kemungkinan besar akan menggunakan skema 3 bek yakni 3-4-3.

Skema 3 bek tersebut pernah mereka terapkan saat membantai Sporting Gijon dengan skor telak 6-1 pada pekan ke-25 La Liga Spanyol di Camp Nou. Pada laga itu, Barcelona memasang trio Jordi Alba, Javier Mascherano, dan Samuel Umtiti di lini belakang.

Lionel Messi saat dikepung sejumlah pemain Paris Saint-Germain pada laga leg pertama Liga Champions 2016/17.

Namun, perubahan skema dan taktik tersebut mendapatkan tanggapan dari gelandang Paris Saint-Germain, Blaise Matuidi. Menurutnya, perubahan formasi yang mungkin dilakukan El Barca tersebut memiliki sisi positif dan negatif.

“Perubahan taktik di skuat Barcelona? Mereka merupakan tim yang membutuhkan penguasaan bola,” kata gelandang Paris Saint-Germain, Blaise Matuidi seperti dilansir Sport.

“Mereka butuh untuk bermain baik dan perubahan taktik memungkinkan mereka lebih banyak menguasai bola di lini tengah. Saya pikir itu yang mereka coba lakukan nanti,” jelas Matuidi.

“Tapi jelas perubahan formasi tersebut juga sangat beresiko, meskipun mereka juga sudah meraih hasil yang baik saat mengubah taktik (dari 4-3-3 ke 3-4-3),” tuntasnya.

1K