Kisruh Malaysia-Korea Utara, AFC Akan Tentukan Nasib Pekan Depan

Rabu, 8 Maret 2017 15:07 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Hubungan Korea Utara dengan Malaysia tengah memanas. Copyright: © MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Hubungan Korea Utara dengan Malaysia tengah memanas.

Tarik ulur mengenai kepastian venue babak kualifikasi Grup B Piala Asia 2019 antara Korea Utara melawan Malaysia segera terjawab. AFC selaku badan sepakbola tertinggi di Asia berjanji akan menyelesaikan polemik tersebut dalam waktu satu pekan ke depan, Rabu (08/03/17).

Sedianya, laga antara kedua kesebelasan digelar tanggal 28 Maret mendatang di Pyongyang. Namun karena situasi politik antara Malaysia dan Korut tengah memanas, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) melarang Harimau Malaya untuk terbang ke Pyongyang.

Seperti diketahui, meninggalnya Kim Jong-nam di Malaysia dan diusirnya Duta Besar Korea Utara dari Negeri Jiran membuat pemerintah Korut marah besar. Warga Malaysia yang berada di Negara Komunis tersebut sampai 'ditahan' tidak boleh kembali ke negaranya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin lalu menginformasikan kepada FAM bahwa kondisi keamanan sedang panas di Korea Utara, dan menyarankan agar tidak memberangkatkan Timnas Malaysia di tanggal yang sudah ditentukan (28 Maret).

FAM kemudian melayangkan surat kepada AFC agar venue pertandingan dipindah dari Pyongyang demi keamanan di tempat yang netral. Surat telah diterima oleh perwakilan AFC dan laman resmi menyatakan bahwa mereka akan segera menentukan langkah selanjutnya pekan depan.

Sempat ada kabar jika AFC dan FIFA kemungkinan bakal menghukum Malaysia karena menolak bertanding dan adanya intervensi dari pemerintah (Kemenpora), tapi Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin mengklaim bahwa manuver yang dilakukan tidak menyalahi aturan.

421