6 Aksi Comeback Dramatis Berujung Juara di Liga Champions

  • Pada dini hari tadi, Barcelona mampu mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor telak 6-1 dalam pertandingan leg kedua Liga Champions 2016/17 babak 16 besar.
  • Hasil ini membuat mereka berhasil lolos dengan agregat 6-5, setelah pada leg pertama mereka kalah dengan skor 0-4.
  • Menariknya, aksi comeback dari Barcelona ini bukanlah yang pertama di kancah Liga Champions, karena cukup banyak klub-klub lain yang mampu melakukan hal serupa.

Kamis, 9 Maret 2017 16:16 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Indosport/dari berbagai sumber
Aksi Comeback para klub elite Eropa di pentas Liga Champions. Copyright: Indosport/dari berbagai sumber
Aksi Comeback para klub elite Eropa di pentas Liga Champions.

Pada tanggal 14 Februari 2017 waktu setempat, dunia sepakbola dibuat takjub dengan kekalahan memalukan Barcelona dari PSG. Bukan skor tipis seperti 0-1 atau 1-2, melainkan 0-4, di mana skor ini tentu sangat tidak memungkinkan bagi klub sebesar El Barca.

Meski demikian, skor tersebut sekaligus juga membuktikan jika dalam dunia sepakbola segalanya bisa terjadi. Kekalahan dari Barcelona ini pun langsung memunculkan beberapa komentar-komentar miring terhadap klub tersebut.

Mulai dari para pemain yang kehilangan konsentrasi terkait masa depan pelatih mereka, Luis Enrique yang sempat tidak jelas dan hingga akhirnya kini telah memutuskan untuk tidak lagi melatih Barcelona di musim baru mendatang.

Ada juga yang mengatakan, menurunnya performa dari Neymar Jr, sehingga membuat lini serang Barcelona menjadi sedikit pincang. Meski terus ditimpa komentar miring, Barcelona berhasil membuktikan jika mereka tetap konsisten, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Salah satunya adalah dengan terus memetik kemenangan demi kemenangan yang menambah kepercayaan diri mereka, hingga berujung kemenangan besar sekaligus melakukan aksi comeback melawan PSG pada dini hari tadi.

Barcelona juga pastinya tidak asing dengan situasi seperti ini. Karena sebelumnya, mereka juga pernah melakukan hal yang serupa, yakni pada musim 2012/13 lalu di ajang dan babak yang sama, Barca kala itu takluk 0-2 dari AC Milan pada leg pertama.

Namun, berbekal percaya diri yang tinggi, pada leg kedua Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil bangkit dan tanpa ampun menghajar Milan dengan skor telak 4-0.

Menariknya lagi, dalam sejarah Liga Champions, tim asal Catalan ini bukanlah yang pertama melakukan aksi comeback setelah sempat dikalahkan dan nyaris tidak lagi ada harapan untuk lolos ke babak selanjutnya.

Bahkan, tidak sedikit beberapa klub yang mampu comeback dan sukses menjadi juaranya di akhir kompetisi sepakbola paling bergengsi antarklub di Eropa tersebut.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini INDOSPORT akan merangkumnya ke dalam 6 aksi comeback dramatis di ajang Liga Champions:

Komentar