Liga Champions

(CUPLIKAN GOL) Tekuk PSG Secara Dramatis, Barca ke 8 Besar

  • Babak pertama, Barcelona unggul 2-0.

  • Babak kedua, Barcelona mencetak 4 gol dan kebobolan 1 gol. La Blaugrana lolos dengan agregat 6-5.

  • Trisula MSN mencetak gol kemenangan dan membawa Barcelona lolos ke babak perempatfinal Liga Champions.

  • Sergi Roberto mengunci kemenangan La Blaugrana di penghujung babak kedua.

Kamis, 9 Maret 2017 04:55 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© VI-Images/gettyimages
Lionel Messi memeluk Neymar pasca pertandingan. Copyright: © VI-Images/gettyimages
Lionel Messi memeluk Neymar pasca pertandingan.

Babak Pertama

Barcelona yang tertinggal agregat 4 gol, diprediksi akan langsung menggebrak lini pertahanan sang tamu Paris Saint-Germain. Hal itu pun terbukti dengan gol cepat La Blaugrana di menit-menit awal babak pertama.

Menurunkan trisula maut Messi, Suarez, dan Neymar (MSN), Barcelona langsung unggul pada menit ke-3. Melalui umpan silang Rafinha, bola liar yang dimentahkan oleh bek PSG langsung disambar oleh kepala Luis Suarez. 1-0 Barcelona memimpin.

Tertinggal 1 gol, anak asuh Unai Emery langsung memberikan perlawanan. Serangan balik Draxler pada menit 11 berhasil dimentahkan oleh Mascherano, yang membuahkan tendangan pojok untuk PSG.

Pada menit 17, La Blaugrana hampir mengubah skor menjadi 2-0 andai saja tendangan jarak jauh Neymar masuk ke gawang Kevin Trapp. Pasalnya, bola hasil sepakan dari luar kotak penalti pemain Timnas Brasil itu berada tipis melewati sisi kiri mistar gawang PSG.

Barcelona kembali melakukan serangan bertubi-tubi ke lini pertahanan PSG. Namun, hingga menit 27 Iniesta baru memberikan perlawanan berarti Tendangan jarak jauhnya kembali hampir menggetarkan jala Kevin Trapp, andai saja bola tidak terlalu jauh dari mistar gawang atas PSG.

Baru menit 31, Lucas Moura memberikan perlawanan berarti untuk kubu PSG. Pemain asal Brasil itu melayangkan tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti. Namun sayang, tendangannya tersebut langsung mengarah ke dalam pelukan Ter Stegen.

Hingga pada menit 40, Barcelona baru bisa memperpendek agregat menjadi 2-4. Berawal dari Iniesta yang masuk ke lini pertahanan PSG, yang kemudian mengoper bola ke dalam kotak pertahanan lawan. Kurzawa yang berniat menghalau bola, justru menceploskan bola ke dalam jalan Kevin Trapp. 2-0 Barcelona unggul.

Hingga penghujung babak pertama, Barcelona belum mampu mencetak gol tambahan guna memperpendek agregat gol.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Barcelona langsung menggebrak lini pertahanan lawan. Terbukti, memasuki menit 49, Lionel Messi langsung mencetak gol ketiga La Blaugrana melalui titik putih.

Berawal dari dilanggarnya Neymar saat membawa bola ke area kotak penalti PSG di menit 47. Thomas Meunier yang mengawal Neymar, secara tidak sengaja terjatuh dan membuat penyerang asal Brasil itu ikut terjatuh.

Wasit Deniz Aytekin sebelumnya tidak memberikan penalti, namun setelah berunding dengan asisten wasit, skuat Luis Enrique akhirnya mendapatkan penalti yang dimaksimalkan dengan baik oleh megabintang mereka, Lionel Messi.

Tertinggal tiga gol, PSG langsung memberikan perlawanan. Terbukti, Edinson Cavani hampir membuat PSG kembali menjauh secara agregat andai saja sepakannya tidak mengenai tiang gawang Ter Stegen di menit 51.

Merasa terancam, Unai Emery langsung menarik Lucas Moura dan menggantikannya dengan Angel Di Maria. Hasilnya pun terbukti pada menit 62. Masuknya Angel Di Maria menjadi pusat perhatian para lini belakang Barcelona. Hal ini lantas dimanfaatkan oleh Kurzawa, untuk membalaskan hutang gol bunuh dirinya pada menit 40.

Bek kiri kelahiran Prancis itu memberikan umpan melalui kepalanya kepada Cavani pada menit 62, yang berhasil dimanfaatkan penyerang asal Uruguay tersebut menjadi sebuah gol. PSG kembali memimpin secara agregat menjadi 5-3.

Pada menit 66, Arda Turan yang menggantikan Andres Iniesta di menit 65 hampir saja mencetak gol untuk Barcelona. Berhasil mengelabuhi Kevin Trapp, bola sepakannya hampir membuahkan gol andai saja tidak disapu bersih oleh Thiago Silva yang sigap menjaga lini belakang PSG.

Barcelona yang tertinggal terus melancarkan serangan ke lini pertahanan skuat Unai Emery. Pada menit 71, lagi-lagi Neymar mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti. Namun sayang, tendangan jarak jauhnya berhasil ditahan oleh Trapp.

Di Maria hampir membuat PSG kembali menjauhkan diri secara agregat. Berlari membawa bola sendiri dan berhadapan 1 lawan 1 dengan Ter Stegen, justru membuat pemain sayap asal Argentina itu grogi. Terbukti, sepakan chip-nya langsung mengarah keluar lapangan.

Justru Barcelona yang kembali mencetak gol pada menit 88. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Di Maria pada Neymar, penyerang Timnas Brasil itu berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas.

La Blaugrana kembali mencetak gol pada menit 90. Luis Suarez yang dilanggar oleh Marquinhos di area kotak penalti PSG, membuat wasit Aytekin memberikan penalti kepada pihak Barcelona. Neymar yang ditunjuk menjadi algojo, kembali menyelesaikan tugasnya dengan baik. 5-1 untuk Barcelona.

Mukjizat terjadi pada penghujung babak kedua. Menerima umpan Neymar dari bola mati, sontekan Sergi Roberto berhasil disarangkan ke jala Kevin Trapp. Skor menjadi 6-1 dan Barcelona unggul 6-5 secara agregat. Pertandingan pun usai dengan kemenangan Barcelona ke babak perempatfinal.

Berikut adalah susunan starting XI untuk kedua tim:

Barcelona (3-4-3): Ter Stegen; Umtiti, Pique, Mascherano; Busquets, Iniesta, Rafinha, Rakitic; Messi, Suarez, Neymar

Paris Saint-Germain (4-3-3): Trapp; Meunier, Marquinho, Thiago Silva, Kurzaqa; Verratti, Rabiot, Matuidi, Lucas, Cavani, Draxler