Piala Presiden 2017

Kemenangan Kontroversi Arema, Ini Jawaban Komite Penanggung Jawab Wasit Piala Presiden

  • Dalam laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema dinilai diuntungkan oleh wasit Nusur Fadilah.
  • Berdasarkan peraturan FIFA terbaru terkait offside, bila pemain dalam posisi offside tidak dinyatakan offside bila mendapat bola dari pemain belakang lawan.
Kamis, 9 Maret 2017 11:53 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Arema FC
Cristian Gonzales. Copyright: © Arema FC
Cristian Gonzales.

Komite penanggung jawab wasit Piala Presiden 2017 akhirnya angkat suara terkait polemik kemenangan Arema FC atas Semen Padang di babak semifinal. Bagi mereka perangkat pertandingan yang bertugas dalam laga ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik.

Seperti diketahui, polemik terjadi saat babak semifinal Piala Presiden 2017 antara Arema FC melawan Semen Padang. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema dinilai diuntungkan oleh wasit Nusur Fadilah.

Hal ini dikarenakan wasit Nusur Fadilah mengesahkan dua gol Cristian Gonzales yang berbau offside. Gonzales memang menjadi bintang dalam laga tersebut dengan mencetak lima gol kemenangan Arema FC.

Namun dua Gol yang dicetak pemain berjuluk El Loco ini dinilai offside. Tapi Nusur Fadilah tak mengindahkan hal tersebut. Kini dewan penanggung jawab wasit Piala Presiden ikut ambil suara. Bagi mereka semua gol dalam laga tersebut sah. Hal ini seperti diutarakan oleh Kapten Yandri selaku penanggung jawab wasit Piala Presiden 2017.

"Semua gol dalam itu sah. Memang dalam proses gol pertama, Gonzales dalam posisi offside. Namun dia mendapat bola dari kesalahan pemain belakang Semen Padang sehingga gol itu dinyatakan sah," ucap Yandri.

"Sementara untuk gol keempat Arema, meski badan Gonzales lebih dahulu maju. Namun dia masih berada di belakang laju bola. Sehingga dia bisa menyundul bola dan itu sah," jelas Yandri.

Memang Yandri menjabarkan hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, berdasarkan peraturan FIFA terbaru terkait offside, bila pemain dalam posisi offside tidak dinyatakan offside bila mendapat bola dari pemain belakang lawan. Hal ini disebut deliberate play.

Dengan berpegang akan peraturan baru ini, pria yang sempat menjadi pengadil lapangan ini menilai semua gol yang terjadi sah. Dan dia pun menilai wasit yang memimpin laga ini sudah melaksanakan tugas dengan benar.

"Saya juga memberikan apresiasi kepada perangkat yang memimpin laga tersebut. Bagi saya itu sudah berjalan dengan benar," tutup dia.

Arema FC sendiri saat ini akan berlaga di babak final Piala Presiden 2017. Mereka akan menghadapi Pusamania Borneo FC Minggu 12 Maret mendatang di Stadion Pakansari, Bogor.