Kisah Perjalanan Pelatih Muda Indonesia Melatih Klub Liga China

Kamis, 9 Maret 2017 19:12 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Abdee/Celebest FC
Muhammad Yusuf Prasetyo (kiri) bersama pelatih kepala Celebest FC, Rudy Eka Priyambada. Copyright: © Abdee/Celebest FC
Muhammad Yusuf Prasetyo (kiri) bersama pelatih kepala Celebest FC, Rudy Eka Priyambada.

Indonesia tengah dibanjiri oleh pelatih muda berbakat. Setelah sebelumnya terdapat nama-nama seperti Rudy Eka Priyambada dan Jan Saragih, kali ini muncul arsitek muda berusia 26 tahun, Muhammad Yusuf Prasetyo.

Yoyo, panggilan Yusuf, saat ini tengah melatih salah satu klub di China. Dengan umurnya yang terhitung masih cukup belia sebagai pelatih kepala, Yoyo dipercaya untuk mengaristeki klub Yunnan Lijiang FC U-15.

Sebelum menerima tawaran Lijiang, Yoyo merupakan asisten pelatih dari Rudy Eka di klub Liga 2 Indonesia, Celebest FC. Yoyo bercerita, perkenalan dengan instruktur kepelatihan AFC menjadi pembuka jalannya melatih di Negeri Tirai Bambu. 

"Awalnya saya ikut kursus AFC di Malaysia. Kebetulan instruktur saya senang kepada saya karena antusias, kemauan saya selama kursus. Setelah kursus saya mendapatkan nilai terbaik kedua. Saya termuda diantara semua peserta. Saya masih berumur 26 tahun. Dia menawarkan saya ke klub Lijiang, China," cerita Yoyo kepada INDOSPORT.

Pelatih asal Tangerang tersebut tercatat sebagai pemegang lisensi B AFC yang didapatkannya kala mengikuti kursus di Malaysia. Sebelumnya, Yoyo mengantongi lisensi C AFC sewaktu lulus dari kursus kepelatihan di Brunei Darussalam.

Yoyo dikontrak oleh Linjiang selama 2 tahun. Durasi kontraknya dimulai sejak 1 Maret lalu hingga 21 Desember 2019 mendatang.

Mantan pelatih SSB Indonesia All Stars Pamulang itu menerangkan, pada awalnya ia tidak percaya kesempatan ini diberikan kepadanya. Terkejut katanya. Namun, sebelum memutuskan menerima tawaran dari China, Yoyo meminta petuah dari Rudy Eka.

"Awalnya tidak nyangka, apalagi ketika saya mendapat tawaran saya masih menjadi asisten pelatih Celebest FC. Setelah saya dapat surat penawaran kerja dari China, saya baru yakin dan saya minta izin kepada head coach Rudy Eka, dan dia mengizinkan. Terus terang saya senang sekali dan bangga. Apalagi fasilitasnya Alhamdulillah bagus sekali. Saya nyaman dan mereka sangat menghargai pelatih dari Indonesia," ujar Yoyo.

Lijiang merupakan klub kasta kedua Liga China. Sedangkan Lijiang U-15, tampil pada kompetisi Liga China U-15.

Sampai dengan saat ini, Yoyo tercatat sebagai satu-satunya pelatih asal Indonesia yang menangangi klub di China. Tantangan pertama untuk Yoyo ialah membawa Lijiang U-15 berprestasi di Liga China U-15.

1.1K