Stadion Pakansari dan GBLA Akan Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-19 2018

Kamis, 9 Maret 2017 | 22:36 WIB
  • Stadion Pakansari dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi tuan rumah Piala AFF U-19.
  • Kedua stadion tersebut akan mendampingi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
  • Herry Ibrahim/INDOSPORT
    Stadion Pakansari, stadion bertaraf internasional yang terletak di kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORT
    Stadion Pakansari, stadion bertaraf internasional yang terletak di kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

    Stadion Pakansari dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akan mendampingi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk menyelenggarakan Piala Asia U-19 pada tahun 2018. Induk Sepakbola Asia (AFC) tengah memulai uji kelayakan ketiga stadion tersebut.

    Seperti diketahui, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku federasi dunia bal-balan Tanah Air mengajukan ketiga stadion tersebut sebagai venue Piala Asia U-19 tahun 2018 mendatang. Sebelumnya, PSSI sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia U-19 tahun 2018, dan telah disetujui oleh Presiden AFC, Salman Al-Khalifa.

    Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

    "Sebagai tuan rumah, kita membutuhkan tiga stadion. Yang kita ajukan ke AFC adalah tiga stadion di dua kota, Bandung dan Jakarta. Bandung pakai GBLA, sedangkan Jakarta di SUGBK dan Pakansari. Pekan depan ada peninjauan langsung dari AFC, start dari GBLA, lalu 14 Maret mereka akan meninjau GBK, dan 15 Maret-nya ke Pakansari," ujar Direktur Media dan Hubungan Luar Negeri PSSI, Hanif Thamrin, dikutip dari Pikiran Rakyat.

    "Seperti biasa peninjauannya untuk lihat stadion, lapangan latihan, dan hotel. Untuk lapangan latihan total butuh 8 lapangan. Dari AFC yang akan datang adalah Manajer Kompetisi Deng Xiao Long dan Guest & Team service Bawanie Thoraraju. Sementara dari PSSI yang mendampingi ada saya dan Direktur Event Erlangga Arya," lanjutnya.

    Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

    Meski begitu, Hanif belum tahu apakah AFC langsung memberikan penilaian secara langsung atau tidak. Namun, PSSI sudah mengajukan tiga stadion tersebut sesuai kriteria yang diminta AFC.

    "Belum tahu nanti mekanisme lanjutannya seperti apa setelah inspeksi. Karena tidak ada keterangan tambahan dari sana (AFC). Tapi ada stadion cadangan yang kami ajukan. Sebab, itu kan harus sesuai form mereka," katanya.

    Piala Asia U-19 tahun 2018 akan dimulai pada 18 Oktober hingga 4 November 2018 mendatang. Sebagai tuan rumah, Indonesia dipastikan langsung lolos ke putaran final. Piala Asia U-19 tahun depan nanti juga akan menjadi babak kualifikasi untuk Piala Dunia U-20 2019 zona Asia. Ada jatah empat negara buat Asia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2019. 

    Editor : Tengku Sufiyanto