Piala Dunia

AFC Minta Jatah Tim Asia di Piala Dunia Ditambah

Jumat, 10 Maret 2017 16:04 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Stanley Chou/Getty Images
Presiden AFC, Sheikh Salman. Copyright: © Stanley Chou/Getty Images
Presiden AFC, Sheikh Salman.

Presiden Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, berharap FIFA menambah jatah negara-negara Asia di Piala Dunia. Menurutnya, dengan slot yang bertambah, maka seharusnya alokasi untuk tim Asia juga diperbanyak, Jumat (10/03/17).

Di Piala Dunia 2026 mendatang, jumlah kompetitor akan ditambahkan dari sedianya 32 menjadi 48. Sheikh Salman meminta agar FIFA memberikan alokasi yang 'adil'.

Menurut Sheikh Salman lagi, Asia tengah berkembang pesat, baik dari segi ekonomi maupun olahraga. Salah satu rumah sakit khusus olahraga di Dubai, Qatar, bernama Aspetar, bahkan sampai menjadi tempat rujukan bagi beberapa klub top Eropa dan pesepakbola dunia sebagai tempat penyembuhan.

Selain itu, kekuatan ekonomi dan popularitas sepakbola di Benua Kuning sangatlah besar. Sheikh Salman menilai jika akan tidak fair jika jatah Asia di Piala Dunia tidak bertambah secara signfikan.

"Benua Asia, sebagai benua terbesar di dunia, pantas mendapatkan penambahan yang signifikan di slot Piala Dunia mengingat kekuatan ekonomi dan popularitas sepakbola di sini. Selain itu, hal tersebut bisa meningkatkan perkembangan sejumlah aspek sepakbola, baik teknis maupun non teknis, bagi negara-negara Asia," kata Sheilkh Salman seperti dilansir dari Sports247.

"Kami telah mengekspresikan dukungan kami kepada FIFA agar bersedia meningkatkan jumlah tim di Piala Dunia menjadi 48 di tahun 2026. Melihat bahwa kami memiliki peran dalam terwujudnya peraturan baru itu, kami berharap mereka bisa mendistribusikan jatah secara transparan dan pondasi yang jelas," tambahnya lagi.

Geliat sepakbola Asia memang tengah menggeliat lagi. Setelah sebelumnya Korea Selatan dan Jepang yang sanggup bersaing dengan pemain-pemain lain di Eropa, kini giliran China yang menampung talenta dunia, seperti Oscar, Hulk, Ramires, dan Tevez.

2.3K