Piala Presiden 2017

Jejak PBFC Menuju Final: Selangkah dari Sejarah

Jumat, 10 Maret 2017 | 15:09 WIB
  • Pusamania Borneo FC (PBFC) sukses menembus babak final Piala Presiden 2017.
  • Skuat asuhan Ricky Nelson ini sempat mengawali turnamen tanpa menang di dua laga awal penyisihan.
  • PBFC sukses menaklukkan Madura United dan Persib Bandung yang menjadi unggulan di Piala Presiden 2017.
  • PBFC akan bertemu Arema FC di partai puncak yang akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (12/03/17).
Indosport/Internet
Logo Pusamania Borneo FC (PBFC). Copyright: Indosport/Internet
Logo Pusamania Borneo FC (PBFC).

Babak Penyisihan Grup

Pusamania Borneo FC (PBFC) tergabung dalam Grup D di Piala Presiden 2017. Bermain di Bali, PBFC akan menghadapi tuan rumah Bali United, Sriwijaya FC, dan Barito Putera.

PBFC sempat mengawali turnamen dengan hasil kurang memuaskan pada dua laga pembuka. Pesut Etam hanya mampu bermain imbang kala melawan Bali United dan Barito Putera.

Sempat kewalahan di dua laga pembuka, skuat PBFC akhirnya mampu melenggang ke babak 8 besar Piala Presiden dengan predikat juara Grup D.

Titik kebangkitan Patrich Wanggai dan kawan-kawan terjadi di laga terakhir Grup D Piala Presiden 2017. Sebuah gol dari Fandi Ahmad sukses mengantar PBFC lolos ke babak 8 besar dengan predikat juara Grup D.

PBFC 0-0 Barito Putera

Bali United 0-0 PBFC

PBFC 1-0 Sriwijaya FC

Babak 8 Besar

Berpredikat sebagai juara Grup D, PBFC bersua dengan Madura United yang lolos sebagai salah satu runner up terbaik. Berlaga di Stadion Manahan, Solo, kedua tim bermain dengan sangat hati-hati.

Imbasnya selama waktu normal 2x45 menit, kedua tim gagal menciptakan gol dalam laga tersebut. Laga pun akhirnya harus langsung diselesaikan dengan drama adu penalti.

Patrich Wanggai dan kawan-kawan sukses menyingkirkan Madura United di babak 8 besar Piala Presiden 2017 lewat adu penalti.

Seluruh penendang penalti yang disiapkan PBFC mampu menjalankan tugasnya dengan apik. Namun, Fachrudin yang menjadi algojo Madura United gagal melakukan eksekusinya.

PBFC pun akhirnya lolos ke babak semifinal dengan kemenangan 5-4 pada drama yang tersaji di Solo. Langkah PBFC sendiri sudah ditunggu oleh lawan tangguh lain, Persib Bandung di babak semifinal.

Semifinal

Laga semifinal Piala Presiden 2017 sendiri menggunakan sistem home and away, di mana PBFC akan menjamu lebih dahulu Persib Bandung di Stadion Segiri, Samarinda. Laga berjalan dengan seru, manakala dukungan pendukung menjadi semangat lebih bagi PBFC kala berlaga di rumah sendiri.

PBFC pun akhirnya menyudahi laga dengan kemenangan 2-1 atas Persib Bandung di leg pertama. Dua gol PBFC disumbangkan oleh Reinaldo dan Patrich Wanggai, sementara Vladimir Vujovic menjadi pemain yang melesakkan gol tandang dari kubu Maung Bandung.

PBFC sukses menekuk Persib Bandung 2-1 pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2017 di Samarinda.

Pada leg kedua, PBFC seperti tidak diunggulkan untuk melaju lebih jauh di Piala Presiden 2017. Banyak kalangan menilai, Persib Bandung akan mudah menjinakkan pasukan Pesut Etam, apalagi di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, yang terkenal angker bagi tim tamu.

Namun determinasi para pemain PBFC berbuah manis di laga kedua ini. Persib Bandung yang menguasai pertandingan, unggul terlebih dahulu melalui Shohei Matsunaga.

Namun, sebuah gol dari Dirkir Glay membuat kubu Maung Bandung tersentak. Pada akhirnya, Persib bisa kembali unggul melalui Atep jelang laga berakhir.

Persib Bandung pun menang 2-1 di leg kedua ini dan membuat agregat menjadi sama kuat 3-3. Dalam kondisi gol tandang sama, maka laga pun dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Kedua tim yang berusaha mencolong gol di masa 2x15 menit gagal menuntaskan misinya. Laga pun benar-benar menjadi dramatis karena memasuki penentuan lewat adu penalti.

Sebuah tendangan penalti yang tak akurat dari Kim Kurniawan memastikan langkah PBFC ke final dengan kedudukan 5-3. Hasil ini tentu saja mengejutkan banyak kalangan dan membuat PBFC selangkah lebih dekat dengan sejarah yang ingin mereka catat.

Editor : Rizky Pratama Putra