Liga Champions

Wasit yang Memimpin Laga Barcelona vs PSG Terancam Dibekukan UEFA

  • Kepemimpinan wasit Deniz Aytekin di laga Barcelona vs PSG menjadi sorotan Komite Wasit UEFA
  • Komite Wasit UEFA berencana memberikan sanksi pembekuan terhadap wasit Deniz Aytekin.
Jumat, 10 Maret 2017 15:02 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Jean Catuffe/Getty Images
Wasit asal Jerman, Deniz Aytekin, memberi kartu kuning kepada Gerard Pique. Copyright: © Jean Catuffe/Getty Images
Wasit asal Jerman, Deniz Aytekin, memberi kartu kuning kepada Gerard Pique.

Kepemimpinan wasit Deniz Aytekin di laga Barcelona vs PSG pada babak 16 besar Liga Champions leg kedua, di Camp Nou, Kamis (09/03/17) dini hari WIB, mengundang sorotan khusus dari komite wasit UEFA.

Dilansir dari Marca, komite wasit UEFA yang dipimpin oleh wasit legendaris Pierluigi Collina memberikan nilai buruk terhadap kepemimpinan wasit Aytekin di laga tersebut. Bahkan mereka berencana untuk membekukan Aytekin.

Meskipun demikian, bukan berarti wasit asal Jerman tersebut tak bisa lagi memimpin pertandingan tingkat Eropa selamanya. Pembekuan tersebut hanya bersifat sementara, yang artinya hingga periode tertentu, sang wasit bakal tidak dipilih untuk memimpin sebuah pertandingan di Liga Champions. Bahkan, kesempatan untuk kembali memimpin laga sisa Liga Champions musim ini pun sangat tipis.

Menurut sumber UEFA yang dihubungi Marca, perintah tersebut datang langsung dari Collina. Bukan hanya memberikan sanksi, mantan wasit asal Italia tersebut juga ingin memangkas para wasit yang kinerjanya dinilai kurang bagus di kancah Eropa.

Ekspresi kekecewaan para pemain PSG usai gawangnya kebobolan.

Bukan tidak mungkin langkah tersebut diambil oleh Komite Wasit UEFA untuk menghindari tudingan publik terhadap UEFA yang dianggap memihak salah satu tim.

Laga ini pun menjadi salah satu laga bersejarah di Liga Champions, karena Barcelona menjadi tim pertama yang berhasil membalikan keadaan di leg kedua babak 16 besar dengan defisit 4 gol. Di luar dugaan laga ini berakhir untuk kemenangan Barcelona dengan skor 6-1, padahal sebelumnya di leg pertama kalah dari PSG dengan skor 4-0. Barcelona berhak lolos ke perempatfinal karena menang agregat 6-5.