Liga Primer Inggris

Nyatakan Pensiun, Guardiola Sarankan Xabi Alonso Ikuti Jejaknya

Sabtu, 11 Maret 2017 09:36 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images
Pep Guardiola memprediksikan mantan anak asuhnya sebagai pelatih hebat dikemudian hari. Copyright: © Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images
Pep Guardiola memprediksikan mantan anak asuhnya sebagai pelatih hebat dikemudian hari.

Pep Guardiola dan Xabi Alonso sebelumnya pernah bekerja sama selama dua musim di Bayern Munchen (2014-2016). Meskipun hanya sebentar, pelatih asal Spanyol tersebut memiliki pandangan positif dan juga ekspektasi tinggi terhadap mantan anak asuhnya itu.

Xabi Alonso sebelumnya telah menyatakan akan gantung sepatu setelah mengakhiri musim 2016/17 ini di Jerman. Ia akan mengakhiri perjalanan karier yang bergelimang trofi, baik itu dari level klub maupun Tim Nasional.

Selepas masa pensiun, Xabi Alonso masih belum menentukan petualangan baru yang akan diambil oleh pesepakbola 35 tahun tersebut. Jika pada nantinya ia akan memutuskan sebagai seorang manajer, mantan pelatihnya, Pep Guardiola sangat mendukung keputusan tersebut.

Gelandang Bayern Munchen, Xabi Alonso akan menyatakan pensiun dari dunia sepakbola di akhir musim 2016/17.

"Xabi Alonso akan kembali sebagai seorang manajer, dan saya yakin ia akan menjadi seorang manajer yang luar biasa," ungkap pelatih Manchester City tersebut, dikutip dari Squawka.

Selain itu, pelatih berkepala plontos tersebut juga memuji karakter Xabi Alonso sebagai seorang pesepakbola. Menurutnya, ia termasuk dalam salah satu gelandang terhebat yang pernah ia latih.

"Ia merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah saya miliki dalam karier kepelatihan saya," pungkas mantan pelatih Barcelona itu.

534