Piala Presiden 2017

Aremania Bakal Bentangkan Bendera Raksasa Merah Putih Saat Indonesia Raya Berkumandang

Minggu, 12 Maret 2017 18:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/INDOSPOSRT
Suporter Timnas Indonesia kibarkan bendera raksasa Merah-Putih di Stadion Pakansari, Bogor. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPOSRT
Suporter Timnas Indonesia kibarkan bendera raksasa Merah-Putih di Stadion Pakansari, Bogor.

Suporter Arema FC, Aremania, sudah menyiapkan satu persembahan khusus pada laga final Piala Presiden 2017 saat tim kesayangannya berjumpa Pusamania Borneo FC (PBFC) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (12/03/17) malam WIB. Mereka akan mengibarkan bendera raksasa Merah Putih (One Soul One Nation) yang sudah diketahui banyak kalangan pencinta sepakbola nasional.

Hal ini seperti diutarakan oleh Koordinator Koreografi Aremania, Harie Pandiono. Bendera raksasa Merah Putih ini akan menutupi tribun timur Stadion Pakansari.

"Koreo kita pasang bendera merah putih ukuran 140x40 meter, jadi hampir setengah lapangan bola. Kita mau siapkan satu lapangan, tapi karena teknis kita urungkan. Kita akan bentangkan bendera tersebut di tribun timur, temanya One Soul One Nation, artinya kita satu jiwa satu bangsa menerima perbedaan untuk bangsa," ujar Harie.

Harie menambahkan, nantinya bendera ini akan berkibar jelang laga final dimulai. Di mana saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan oleh Edo Kondologit.

"Jadi dua menit sebelum Indonesia Raya dinyanyikan Edo Kondologit sudah akan berkibar," katanya.

"Selain bendera raksasa Merah Putih, kita akan ada bendera biru besar 110x45 meter. Semoga menutup tribun timur, dan kita harmoniskan drum serta senar untuk memberikan dukungan Arema," tambahnya.

Para Aremania yang hadir di Stadion Pakansari.

Untuk menyiapkan koreo ini, Aremania tidak dengan dana kecil. Seperti diketahui, dana ratusan juta rupiah sudah dikeluarkan untuk membuat bendera Merah Putih raksasa ini.

"Kita menyiapkan total ukuran bendera Merah Putih sebesar 21 ribu meter persegi. Untuk itu dananya sampai Rp225 juta rupiah. Untuk hari ini hanya bagian kecilnya saja," tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, bendera raksasa Merah Putih yang bertema One Soul One Nation dibuat pada tahun 2015 lalu. Proyek pembuatannya merupakan gagasan Aremania dan dibuat oleh seluruh suporter di Indonesia.

Bendera raksasa tersebut sudah sering berkibar saat Arema FC bertanding, juga ketika Tim Nasional (Timnas) Indonesia menghadapi Thailand dalam laga final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, akhir tahun lalu.