Legenda Persipura Hengky Heipon Wafat, Sepakbola Indonesia Kembali Dirundung Duka

Minggu, 12 Maret 2017 00:13 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Kabar duka cita menyelimuti sepakbola Indonesia di tengah gegap gempita Piala Presiden 2017. Legenda Persipura Jayapura, Hengki Heipon baru saja menghembuskan nafas terakhir pada usia ke-71 tahun akibat sakit yang dideritanya pada Sabtu (11/03/17) sore di Jayapura.

Kepergian Hengky Heipon ke pangkuan Yang Maha Kuasa menjadi kehilangan besar bagi dunia sepakbola Tanah Air. Hengky merupakan salah satu putra terbaik Papua turut berjasa dalam perkembangan sepakbola di Tanah Air.

Hengky Heipon saat menjalani karier sebagai seorang pelatih.

Pria asal Pulau Yapen itu merupakan salah satu tokoh sepakbola yang memiliki peranan besar bersama Persipura Jayapura dan Tim Nasional Indonesia. Saat menjadi pemain, Hengky sempat menjabat ban kapten di Persipura pada rentang periode 1968-1977.

Salah satu prestasi terbaiknya saat menjadi pemain adalah keberhasilannya mengantarkan Persipura Jayapura menjuarai Piala Presiden Soeharto pada tahun 1976. Saat itu Persipura sukses mengalahkan Persija Jakarta pada tanggal 19 April 1976 di Senayan Jakarta.

Sementara bersama Timnas Indonesia, Hengky dikenal sebagai sosok pemain tengah paling disegani di era 70-an dengan gaya dan visi bermain yang cerdas dan lugas.

Hengky Heipon saat berjuang melawan penyakitnya di akhir-akhir masa hidupnya.

Kiprah Hengky di sepakbola Tanah Air tidak berhenti sebatas dirinya menjadi seorang pemain. Setelah pensiun menjadi pemain, Hengky mengabdikan dirinya di dunia kepelatihan. Kariernya pun cukup gemilang.

Sebagai pelatih, Hengky sempat mengenyam kursus kepelatihan di Jerman Barat yang pada era 70-an menjadi kiblat sepakbola dunia. Bekal ini kemudian ia tularkan saat membesut Persipura Jayapura, Perseru Serui, dan PSSI Sea Games Perserikatan pada tahun 1980-an.

1.8K