AFC Terpukau dengan Kualitas Stadion GBLA

Senin, 13 Maret 2017 21:13 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang terletak di Gedebage Bandung mendapatkan apresiasi dari Konfederasi Sepakbola Asia yakni AFC. Bahkan kemungkinan besar Stadion berkapasitas 38 ribu kursi penonton tersebut sangat layak untuk dijadikan tempat penyelenggaraan putaran final Piala Asia U-19 2018. 

Seperti yang diungkapkan Manajer Kompetisi AFC, Xiao Long Deng, Stadion GBLA ini sangat layak untuk digelarnya kompetisi bertaraf internasional. 

"GBLA sangat bersih, dan lokernya sangat bagus. Ruangnya sangat luas jadi ini cukup bagus untuk tim. Di sana juga ada ruang pelatih dan ruang massage, shower juga bagus," ungkap Xiao di sela-sela pantauannya di Stadion GBLA Bandung, Senin (13/3/2017). 

Selain itu, akses jalan juga cukup memadai. Setidaknya hanya butuh waktu sekitar 40 menit dari Kota Bandung menuju stadion yang menjadi kandang Persib Bandung. Meski demikian, masih harus ada pembenahan di akses jalan tol.

"Tetapi harus ada perbaikan dari akses jalan tol untuk tim," tuturnya.

Rencananya, setelah pemantauan ke Stadion GBLA, pihaknya bersama Bawanie Thoraraju selaku Pelayanan Tim dan Tamu akan melanjutkan pemantauan ke Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor yang juga menjadi salah satu tempat digelarnya putaran final Piala Asia U-19 2018. 

"Besok pagi, kami selesaikan inspeksi di Bandung hari ini dan menyelesaikan semuanya di Indonesia hari Rabu," jelasnya.

Seperti diketahui, akhir Februari lalu, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi memastikan jika Indonesia terpilih sebagai tuan tumah Piala Asia U-19 2018. Kepastian itu didapat setelah kunjungan Presiden AFC Sheikh Salman ke Cilodong, 20 Februari lalu.

Tawaran sebagai tuan rumah sendiri awalnya datang pada saat kunjungan AFC ke Jakarta, 6-7 Februari lalu. Kala itu, Indonesia mendapatkan dua tawaran tuan rumah, yakni, Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 dengan tahun penyelenggaraannya sama yakni 2018. Tapi kemudian, PSSI hanya mengajukan proposal untuk tuan rumah Piala Asia U-19.

Dengan menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018, Indonesia dipastikan langsung lolos ke putaran final. Piala Asia U-19 tahun depan nanti juga akan menjadi babak kualifikasi untuk Piala Dunia U-20 2019 zona Asia. 

Ada jatah empat negara buat Asia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2019. Piala Asia U-19 2018 ini sendiri rencananya akan berlangsung satu bulan setelah pelaksanaan Asian Games 2018, yakni Oktober hingga November 2018.

3.7K