Penyebab Ezra Walian Tak Dipanggil Timnas U-22 untuk Uji Coba Lawan Myanmar

Selasa, 14 Maret 2017 15:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Tom Dulat/Getty Images
Pemain berdarah Indonesia-Belanda, Ezra Walian. Copyright: © Tom Dulat/Getty Images
Pemain berdarah Indonesia-Belanda, Ezra Walian.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia, Luis Milla, telah mengumumkan 26 nama yang dipanggil untuk menjalani laga uji coba melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 21 Maret nanti. Dari sejumlah pemain tersebut tidak terlihat nama calon pemain naturalisasi, Ezra Walian.

Dari 26 pemain yang dipanggil Luis Milla, hanya ada dua striker yang diminta bergabung, yakni Ahmad Nur Hardianto dan Dendi Sulistyawan. Hal itu lantas memunculkan pertanyaan, lantaran ada satu nama lain yang digadang-gadang menjadi striker andalan skuat Garuda Muda, yakni Ezra Walian.

Pasalnya, Ezra Walian yang kini bermain untuk Jong Ajax di kasta kedua Liga Belanda memang diproyeksikan untuk menjadi bagian skuat Timnas U-22. Namun hingga saat ini, Ezra belum juga mendapat kepastian untuk membela Skuat Garuda Muda, termasuk pada laga uji coba kontra Myanmar.

Ezra Walian saat memperkuat Jong Ajax.

Menanggapi keadaan tersebut, Wide Putra Ananda selaku manajer Ezra memberikan keterangannya. Ia menjelaskan bahwa striker 20 tahun tersebut masih menjalani pertandingan bersama tim Jong Ajax pada 18 Maret melawan NAC Breda.   

"Ezra masih ada pertandingan di tangal 18," ujar Wide Putra. 

"Sementara soal naturalisasi kita masih tunggu perkembangannya. Tapi pemahaman kita jika dipanggil untuk friendly match, maka Insya Allah proses tersebut (naturalisasi) juga mengikuti," sambungnya menjelaskan mengenai kendala Ezra belum bisa berseragam Timnas U-22, lantaran belum sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sementara itu, Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI, Hanif Thamrin, mengindikasikan bahwa tidak ada nama Ezra dari 26 pemain yang dipanggil lantaran proses naturalisasi pemuda keturunan Indonesia tersebut masih belum jelas.

"Jadi sepertinya akan begitu jika memang Ezra tidak bisa bermain di pertandingan uji coba," kata Hanif.

Status naturalisasi Ezra sendiri saat ini memang belum menemui kejelasan karena belum ada kabar terbaru, meski Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI sudah mengirimkan surat kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memudahkan proses tersebut.

1.3K