Sebelum Hariono, Essien Pernah Berduet dengan 3 Pemain Top Dunia Ini

Selasa, 14 Maret 2017 18:41 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© FOOTY FAIR
Pemain anyar Persib Bandung, Michael Essien saat berseragam AC Milan. Copyright: © FOOTY FAIR
Pemain anyar Persib Bandung, Michael Essien saat berseragam AC Milan.

Persib Bandung telah resmi mendapatkan jasa mantan pemain Chelsea, Michael Essien. Eks Real Madrid itu dikontrak selama satu tahun lebih dengan opsi perpanjangan kontrak. Pemain berumur 34 tahun tersebut mendapat gaji senilai 800 euro ribu atau setara dengan Rp11,3 miliar.

Kedatangan Essien membuat Persib memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di lini tengah. Essien yang sejatinya berposisi sebagai gelandang bertahan bisa diduetkan dengan Hariono, jika Persib masih menggunakan formasi andalannya 4-2-3-1.

Pemain anyar Persib Bandung, Michael Essien.

Sebelum berlabuh ke Persib, Essien pernah mencicipi kolaborasi dengan sejumlah pemain hebat dunia kala berseragam Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan. Siapa saja pemain top dunia yang pernah berduet dengan Essien? Berikut ulasannya yang disusun INDOSPORT:

1. Frank Lampard (Chelsea)

Nama Michael Essien menjadi terkenal kala berseragam Chelsea. Ia merupakan salah satu pemain generasi pertama era keemasan The Blues di bawah dinasti Roman Abramovich.

Bersama Chelsea, Essien berhasil mencetak 17 gol dari 168 pertandingan sejak tahun 2005-2014. Ia sukses mempersembahkan 9 gelar juara untuk The Blues, salah satunya Liga Champions musim 2011/12.

Saat itu, Essien menjadi sosok pemain kunci Chelsea di lini tengah. Ia mengemban tugas sebagai gelandang bertahan. Duetnya kala itu adalah legenda Chelsea, Frank Lampard.

Frank Lampard (kiri) bersama Michael Essien.

Lampard yang diproyeksikan sebagai gelandang serang atau tengah merasa nyaman jika diduetkan dengan Essien. Lampard bisa lebih mengeksplor lini tengah untuk membangun serangan.

Pasalnya, pemain asal Ghana tersebut memiliki fisik kuat dan insting bertahan yang bagus. Ia ditugaskan sepenuhnya untuk memotong aliran bola lawan.

2. Xabi Alonso (Real Madrid)

Michael Essien sempat mencoba peruntungan bersama Real Madrid. Ia membela El Real dengan status pinjaman dari The Blues pada tahun 2012/13.

Bersama Madrid, Essien ditempatkan sebagai gelandang bertahan untuk berduet dengan Xabi Alonso. Essien dan Alonso menjadi duet yang sanagt kuat di lini tengah El Real. Keduanya menjadi pemotong bola aliran lawan, yang lebih dikenal dengan gelandang bertahan.

Xabi Alonso (kiri) saat berduel dengan Michael Essien.

3. Riccardo Montolivo (AC Milan)

Michael Essien akhirnya resmi hengkang dari Chelsea untuk bergabung dengan AC Milan. Pemain kelahiran 3 Desember 1982 tersebut membela Rossoneri dari tahun 2014/15.

Riccardo Montolivo.

Di Milan, ia berduet dengan Riccardo Montolivo. Perannya di Milan sama kala membela Chelsea. Ia menjadi satu-satunya orang yang ditugaskan untuk memotong aliran bola lawan. Sementara itu, Montolivo bisa leluasa untuk membangun serangan.

Sayang, Essien gagal mempersembahakan satu gelar pun bersama Milan. Sama halnya ketika dirinya membela Madrid.

3.1K