Selain GBLA, 2 Stadion Ini Bakal Jadi Venue Putaran Final Piala Asia U-19

Selasa, 14 Maret 2017 02:09 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT.
Perwakilan AFC, Xiao Long Deng dan Bawanie Thoraraju saat meninjau Stadion GBLA. Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT.
Perwakilan AFC, Xiao Long Deng dan Bawanie Thoraraju saat meninjau Stadion GBLA.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang terletak di Gedebage, Bandung mendapatkan kunjungan dari konfederasi sepak bola Asia yakni AFC. Hal itu dilakukan sebelum digunakan tempat pertandingan untuk putaran final Piala Asia U-19 2018 mendatang. 

AFC diwakili Manajer Kompetisi AFC, Xiao Long Deng dan Bawanie Thoraraju selaku Pelayanan Tim dan Tamu ini nampak sangat teliti dalam melihat kondisi dan situasi dari Stadion berkapasitas 38 ribu kursi penonton tersebut. Tidak hanya lapangan, namun setiap ruangan ditinjau kelayakannya.

Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI, Hanif Thamrin membenarkan kehadiran delegasi dari AFC ini hanya untuk menginspeksi Stadion GBLA Bandung yang memang dipromosikan menjadi salah satu tuan rumah di Piala Asia U-19 2018 mendatang. 

"Saya lihat mereka happy banget. Mereka sangat puas dengan fasilitas yang dimiliki GBLA. Mulai dari entry team, ruang ganti, ruang VIP, akses VVIP, akses media semuanya sangat diperhatikan dengan detail. Yang jelas, mereka sangat happy dengan fasilitas di Stadion GBLA," ujar Hanif di sela-sela tinjauan Stadion GBLA Bandung, Senin (13/03/17).

Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Sebenarnya, kata Hanif tidak hanya Stadion GBLA yang menjadi tempat pertandingan untuk putaran final Piala Asia U-19 2018, namun juga Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta. 

"Salah satu syarat untuk menjadi tuan rumah itu dua kota dan tiga Stadion. Delapan lapangan latihan serta delapan hotel. Kenapa kita pilih GBLA karena secara fasilitas sangat memadai. Dan Bandung kota sepakbola ada akses lapangan juga hotel yang bagus," katanya.‎

Akan tetapi, lanjutnya tidak seluruhnya Stadion GBLA mencapai kata sempurna. Sebaliknya perlu beberapa perbaikan terutama dari segi rumput yang memang masih dalam tahap pemeliharaan.

"Tapi saya kira itu akan dihandel dan sebelum liga bergulir pun itu akan segera selesai. Kalau untuk catatan kekurangan nggak sih saya kira mereka cukup," tuturnya. 

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018. 

Informasi itu didapat ketika Presiden AFC, Shaikh Salman datang ke Indonesia dan bertemu dengan Edy Rahmayadi. Kunjungan Sheikh Salman untuk mengetahui rencana PSSI, termasuk tantangan yang akan dihadapi.

Sebagai tuan rumah Piala Asia U-19, Edy Rahmayadi menjelaskan bakal mencari tiga stadion untuk dipakai. Ketiga stadion itu akan diverifikasi oleh AFC lebih dulu sebelum ditetapkan menjadi venue‎.

780